get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Stela, Anjing Pintar Pemburu Narkoba Milik Polda Jabar 

8 Ras Anjing yang Sering Digunakan untuk Membantu Tugas Kepolisian

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 16:07 WIB
header img
8 Ras Anjing yang Sering Digunakan untuk Membantu Tugas Kepolisian. (Foto: Ilustrasi/Sindo)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Anjing menjadi salah satu hewan yang kerap digunakan kepolisian dalam mengungkap suatu kejahatan. Hal ini dikarenakan, anjing memiliki penciuman dan penglihatan yang tajam.

Oleh karena itu, tidak jarang anjing diandalkan  untuk mengejar penjahat, mendeteksi bom, dan menjalankan tugas kepolisian lainnya.

Anjing juga merupakan hewan yang sangat setia kepada pemiliknya. Selain itu, mereka juga terkenal sangat pintar hingga dapat melaksanakan tugas kepolisian.

Meski begitu, hanya terdapat beberapa ras anjing saja yang bisa melaksanakan tugas berat dari kepolisian. Apa saja ras anjing tersebut?

Berikut ini 8 anjing yang sering digunakan untuk membantu tugas kepolisian, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rottweiler

Rottweiler banyak membantu tugas polisi dalam mengamankan penjahat. Mereka banyak digunakan sebagai anjing penjaga. Tak sedikit juga polisi yang membawa Rottweiler saat berpatroli.

Rottweiler memiliki tubuh yang besar dan perawakan yang menyeramkan. Kendati demikian mereka adalah anjing yang tenang dan cerdas. Anjing ras ini masih satu keturuanna dengan mastiff.

2. Labrador Retriever

Polisi mengandalkan anjing Labrador Retriever untuk melacak. Pasalnya, Labrador terkenal dengan indera penciumannya yang sangat tajam. Mereka dapat mendeteksi senjata tajam, bom, dan obat-obatan terlarang.

3. Belgian Malinois

Belgian Malinois menjadi anjing yang paling populer dalam dunia kepolisian. Anjing ini memiliki karakter pemberani, percaya diri, gigih, dan mudah bersosialisasi. Belgian Malinois mampu mengendus penjahat, bom, atau narkotika di bandara.

4. Doberman Pinscher

Tidak seperti anjing lainnya, Doberman Pinscher tidak ditugaskan sebagai anjing pelacak atau pengendus. Mereka juga tidak dilatih untuk menjadi agresif dalam menjalankan tugas. Tubuh mereka yang atletis banyak digunakan untuk menangkap penjahat yang melarikan diri.

5. Bloodhound

Bloodhound menjadi anjing yang sering digunakan untuk membantu polisi militer. Mereka memiliki kemampuan melacak yang sangat hebat. Tubuhnya besar, kuat, dan penciuman yang tajam memudahkan mereka untuk melacak orang hilang.

Walau tidak seterkenal anjing lainnya, bloodhound banyak membantu tugas polisi. Tubuhnya yang besar tidak membuat mereka terlihat mengintimidasi. Jadi, sangat mudah bagi polisi untuk menemukan anak-anak yang hilang.

6. Boxer

Pada PD I dan PD II polisi atau militer menugaskan anjing boxer untuk mengantarkan pesan. Memiliki tubuh besar dan fleksibel memudahkan boxer untuk bergerak.

Selain mengantar pesan, mereka juga membantu militer membawa kabel-kabel komunikasi. Tidak perlu ragu akan loyalitas dan kesetiaan mereka.

7. Giant Schnauzer

Giant Schnauzer termasuk anjing militer yang mudah curiga kepada orang lain. Ras anjing ini juga tidak segesit ras anjing militer lainnya.

Walau begitu, mereka adalah anjing yang luar biasa dalam melacak bom, narkotik, dan orang hilang. Mereka juga banyak membantu polisi dalam misi penyelamatan.

8. German Shepherd

Tidak mengherankan bahwa Anjing ini masuk yang pertama dalam daftar ras anjing polisi paling terkenal ini.Kemampuannya yang Ccerdas, cepat, tak kenal takut, dan antusias membuatnya sering membantu polisi.

Karena mereka adalah salah satu ras anjing yang paling berbakat dan paling cerdas, sangat terlatih, dan mengikuti perintah seperti jam.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut