get app
inews
Aa Read Next : Ada Jalur Undangan Khusus dan Bantuan Keuangan Bagi Siswa dengan Kategori Kemiskinan Ekstrem

Tingkatkan Mutu Pendidikan Siswa, Telkom University Gelar Pelatihan Digitalisasi bagi Guru

Senin, 09 Oktober 2023 | 16:59 WIB
header img
Telkom University Gelar Pelatihan Digitalisasi bagi Guru. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Telkom University menggelar pelatihan digitalisasi bagi para guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswa sekolah. Pelatih bertajuk Digital Ethic Literation for Teacher (DELTA) ini berlangsung mulai dari Selasa-Jumat (10-13/10/2023).

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2023, berdasarkan arahan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) yang diharapkan mampu menggenjot literasi digital guru dan siswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

Rektor Telkom University, Profesor Adiwijaya mengatakan, Telkom University menjadi salah satu dari 24 perguruan tinggi untuk melakukan upaya bagaimana generasi muda saat ini melek terhadap digitalisasi. Mengingat, saat ini seluruh aspek kehidupan telah memasuki era digital yang harus dikuasai dan dimanfaatkan untuk kegiatan positif.

"Kemudian saat ini kami berkolaborasi dengan SEAMEO Qitep in Science, bagaimana mengedukasi memberikan digital ethic literation untuk guru. Ini satu hal yang sangat penting, dimana disrupsi digital itu adalah tidak ada pengecualian. Masuk ke semua aspek," ucap Adiwijaya di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (9/10/2023).

Adiwijaya mengatakan, kecanggihan teknologi digital saat ini tidak hanya harus dikuasai dengan baik oleh siswa dalam menghadapi dinamika di masa depan, tetapi juga bagaimana bisa dimanfaatkan untuk tujuan bermanfaat.

"Pentingnya memberikan pendidikan tidak hanya skills, tapi bagaimana menyadarkan guru untuk menyadarkan siswanya menjadi digital well being. Sehingga digital bisa memberikan kebermanfaatan untuk kemajuan bangsa," ungkapnya.

Adiwijaya berharap, melalui langkah awal ini dapat menjadi pondasi untuk mengembangkan konsep serupa di skala nasional. Dimana nantinya generasi muda Indonesia memiliki komptensi, kapabilitas untuk bersaing di dunia global.

"Alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar, karena sudah dipersiapkan dengan baik. Semua guru yang kita undang hadir dan ini merupakan pilot project yang In Syaa Allah menjadi role model untuk kegiatan berikut untuk seluruh Indonesia," katanya.

Dosen Telkom University, Faisal Budiman mengatakan, dalam workshop ini para guru se-Jawa Barat akan menerima materi seputar etika dan literasi digital. Termasuk bagaimana siswa dan guru harus menggunakan ChatGPT secara bijak.

"Harapannya guru yang sudah kami lakukan workshop dalam tiga hari, bisa menjadi role model penggunaan digital dan kemudian bisa menyebarkan ke guru sekitar, siswa di lingkungannya. Sehingga manfaatnya bisa jauh lebih luas," imbuhnya.

Sementara salah satu peserta workshop, Rikki Muhammad Ramdhani yang merupakan salah satu pengajar SMAN 1 Bandung mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Sebab, nantinya akan membuat para guru mampu menyeimbangi literasi siswa terhadap digitalisasi.

"Kegiatan tentang digital ethic literation satu hal yang penting buat kami, karena bagaimana sekarang guru berinteraksi dengan siswa melalui digital. Bagaimana beretika digital sangat penting. Sehingga beruntung sekali mendapat materi ini untuk kami lakukan di kelas nanti," ungkapnya.

Selain DELTA, Telkom University turut menghadirkan program lain yaitu TITANIUM. Dimana kegiatan tersebut merupakan etika bisnis, teknologi dan informasi bagi UMKM di Bandung Raya.

Targetnya, melalui dua program tersebut dapat menguatkan kesadaran sosial masyarakat pengguna internet. Mengatasi kesenjangan digital melalui kesetaraan akses dan pemahaman penggunaan teknologi digital, serta literasi dan etika digital, upaya dalam mempersiapkan tantangan di masa depan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut