get app
inews
Aa Read Next : DPRD Jabar Bentuk Pansus Tata Tertib Anggota Dewan

DPRD Jabar Optimis Tol Cisumdawu Seksi 3-6 Segera Beroperasi

Kamis, 27 Januari 2022 | 18:15 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari saat meninjau pembangunan tol Cisumdawu. (Foto: Istemewa)

BANDUNG, iNews. id - Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari optimis Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 1-6 dapat beroperasi menyeluruh.

Menurutnya, Tol Cisumdawu seksi satu ruas Cileunyi - Pamulihan sudah dapat dioperasionalkan, sementara itu seksi dua dan tiga bisa segera menyusul beroperasi.

"Seksi dua masih ada penataan dan pembangunan karena ada longsor beberapa waktu lalu, Kemudian di seksi 3 saya dapat laporan sudah selesai sampai pintu tol Cimalaka," ujar Ineu, usai menjajal jalan Tol Cisumdawu seksi satu hingga seksi tiga di Cimalaka Kabupaten Sumedang, Rabu (26/01/22).

Begitupun seksi empat dan lima, proses pembangunan dan pembebasan lahan terus berjalan sedangkan seksi enam sudah hampir selesai.

"InsyaAllah akan segera dioperasikan (menyeluruh), bisa dimanfaatkan, digunakan seluruh masyarakat, seperti seksi satu, ya lumayan bisa memangkas titik kemacetan," ucapnya.

Ineu menekankan keberadaan jalan Tol Cisumdawu menjadi akses masyarakat dari Bandung menuju Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka yang terkoneksi dengan Tol Cipali. Ia berharap dengan keberadaan Tol Cisumdawu, mobilitas orang dan barang dapat lebih optimal.

Dikutip dari pu.go.id, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Saat ini progres fisik Seksi 2 mencapai 97 persen.

Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen.

Kemudian pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya sudah 18,9 persen, dan seksi 5 Legok - Ujung Jaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya sebesar 37,3 persen. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 86,5 persen. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut