get app
inews
Aa Read Next : 141 Perahu dan Gazebo Rusak Dampak Gelombang Pasang Air Laut di Pantai Rancabuaya

Rumah Cerdas AIS-GP Pakenjeng Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Garut

Selasa, 14 November 2023 | 21:50 WIB
header img
Rumah Cerdas AIS-GP Pakenjeng Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Garut. (Foto: Ist)

GARUT, iNewsBandungRaya.id - Tim Rumah Cerdas Alumni ITB Sobat Ganjar Pranowo (RC AIS-GP) memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat di Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut.

Sekjen AIS-GP, Utju Suiatna mengatakan, kegiatan penyediaan air bersih ini sebagai bentuk respon dari permintaan masyarakat kepada tim RC AIS-GP Pakenjeng.

"Selama ini memang fungsi dari RC AIS-GP adalah membantu masyarakat dalam beberapa hal seperti mendampingi pengurusan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Pra Kerja, dan hal lainnya yang masih memungkinkan untuk didukung penanganannya oleh tim RC AIS-GP," ucap Utju di lokasi penempatan unit kendaraan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Jatiwangi, Selasa (14/11/2023).

Utju menjelaskan, bahwa unit IPA untuk kegiatan ini ditempatkan di dekat sumber air baku yang masih memungkinkan baik dari sisi debit maupun kualitasnya untuk diolah menjadi air bersih yang layak dimasak untuk dikonsumsi.

"Kegiatan ini akan berlangsung setidaknya sampai sumber-sumber air bersih yang biasanya digunakan warga kondisinya kembali normal dan diharapkan akan terjadi dalam waktu dekat, namun bisa juga terpaksa diakhiri bila ada wilayah lain yang lebih memerlukan sehingga unit IPA dipindahkan ke lokasi tersebut," tuturnya.

Di tempat yang sama, Yoyo yang merupakan warga lokal yang tergabung dalam tim RC AIS-GP menyebutkan, pihaknya sudah mendistribusikan air bersih ke ratusan keluarga di beberapa titik pelosok desa di Kecamatan Pakenjeng yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih cukup parah seperti Desa Depok, Panyindangan, Wangunjaya, Pasirlangu, dan Jatiwangi.

Sementara itu, caleg DPRD Kabupaten Garut dari PDI-P, Dadan Wandiansyah bersama dengan caleg DPRD Jawa Barat, Hamjah Fauji Nur Amin turut mendukung kegiatan ini dengan menyediakan kendaraan dan tangki penampung air untuk mendistribusikan air bersih ke kampung-kampung.

"Dukungan ini dimaksudkan agar kegiatan penyediaan air bersih bagi warga Pakenjeng Garut dari RC AIS-GP dapat termanfaatkan secara lebih luas oleh masyarakat yang sangat membutuhkan air bersih dimasa kemarau yang panjang pada tahun ini," ungkap Dadan.

Menurut Dadang, kegiatan ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat Pakenjeng. Karena itu, dirinya pun mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dengan berkorban waktu dan tenaga demi membantu masyarakat luas.

Terpisah, Ketua Umum AlS-GP, Indracahya Kusumasubrata menyebutkan, RC AIS-GP Pakenjeng telah banyak melakukan kegiatan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

"Seperti pelayanan kesehatan, bantuan administrasi, meningkatkan pendapatan dari kegiatan produksi, dan yang terbaru adalah kegiatan bantuan air bersih untuk desa-desa di sekitar RC AIS-GP di Kecamatan Pakenjeng Garut yang mengalami kekeringan karena terdampak El Nino," katanya.

Indracahya menyadari, jika seluruh kegiatan tersebut hanya bisa terjadi berkat dukungan dan kerja sama semua pihak yang bergotong royong mengatasi masalah yang ada. 

"Kami harap aktivitas Rumah Cerdas terus meningkat dan diikuti dengan pembentukan Rumah Cerdas lainnya di berbagai tempat dan berlangsung terus meski pilpres sudah selesai karena tujuan akhir dari Rumah Cerdas adalah terciptanya suatu keadaan dimana seluruh anggota masyarakat kita, tanpa kecuali, cerdas dan sehat dalam segala hal. Cerdas lahir dan bathin, sehat lahir dan bathin," paparnya.

Seorang warga Desa Jatiwangi, Edi mengatakan mengaku, dirinya saat ini kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan air minum, sehingga terpaksa mengambil air dari saluran air yang berada di kampungnya.

"Walaupun debitnya minim juga kondisinya yang tidak layak, keruh dan berwarna kehijau-hijauan untuk digunakan sebagai air minum dengan sebelumnya disaring kemudian diendapkan terlebih dahulu untuk kemudian dimasak. Memang ada yang menjual air dengan harga lima ribu rupiah per jeriken namun untuk pembeliannya cukup memberatkan keuangan keluarga," paparnya.

Senada, seorang warga Desa Pasirlangu bernama Nuri mengaku, dirinya mengetahui kegiatan ini digelar oleh relawan pendukung Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Hal itu diketahui dari sticker yang dipasangkan di jeriken miliknya, banner yang terpasang di mobil distribusi maupun dari interaksinya dengan tim RC AIS-GP.

"Terima kasih kepada pak Ganjar dan pak Mahfud sebagai calon presiden dan wakil presiden telah peduli terhadap kesulitannya dalam mendapatkan air bersih selama ini," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut