get app
inews
Aa Read Next : Launching Jarvis 2024 di Bandung, BPSDMI Kemenperin Jaring Ribuan Siswa-Mahasiswa

Kemenperin Dorong Politeknik STTT Bandung Ciptakan SDM Kompeten di Bidang Industri TPT

Sabtu, 25 November 2023 | 15:15 WIB
header img
Direktur Politeknik STTT Bandung, Tina Martina. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyadari betul pentingnya peran SDM dalam mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing. Salah satunya pada industri TPT yang merupakan industri padat karya berorientasi ekspor. 

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, Masrokhan mengatakan saat ini jumlah tenaga kerja di sektor TPT mencapai 3,9 juta orang atau hampir 20% dari total tenaga kerja sektor industri, sehingga produktivitas dan daya saing tenaga kerjanya akan sangat mempengaruhi produktivitas dan daya saing industri TPT.

Maka dari itu, Pembangunan SDM industri menjadi prioritas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan berdaya saing, melalui pendidikan vokasi. 

”Salah satunya melalui Politeknik STTT Bandung, Pendidikan Tinggi Vokasi di bidang Tekstil dan Produk Tekstil, untuk jenjang Sarjana Terapan dan Magister Terapan.” ujar Masrokhan pada Wisuda Politeknik STTT Bandung tahun 2023 di Bandung, Sabtu (25/11/2023).

Penyelenggaraan pendidikan vokasi tersebut bertujuan sepenuhnya untuk memastikan ketersediaan SDM kompeten yang sesuai dengan kebutuhan industri.

”Oleh sebab itu, link and match antara pendidikan vokasi dengan dunia usaha industri menjadi suatu keharusan, mulai dari perencanaan pembelajaran hingga penempatan kerja lulusan.” jelas Masrokhan.

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut