get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

bjb syariah Siap Perkuat Pembiayaan UMKM di Jawa Barat

Kamis, 30 November 2023 | 19:45 WIB
header img
bjb syariah Siap Perkuat Pembiayaan UMKM di Jawa Barat. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - bank bjb syariah siap memperkuat pembiayaan UMKM dan pembiayaan produktif di wilayah Jawa Barat. Mengingat, sektor tersebut menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi.

Direktur Utama bank bjb syariah, Adang A. Kunandar mengatakan, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jabar terus tumbuh sehingga butuh dukungan perbankan agar skala usaha mereka naik kelas.

Adang menyebut, bank bjb syariah sudah berkolaborasi dengan Pemprov Jabar di antaranya dengan peluncuran Mesra Syariah. Program ini berupa pembiayaan untuk UMKM yang berada di sekitar rumah ibadah (Masjid).

"Diharapkan mampu memperkuat pertumbuhan UMKM di Jabar dan meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat," ucap Adang dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

"Pembiayaan ini menyasar masyarakat yang berada di sekitar rumah ibadah di 27 kabupaten/kota di Jabar. Kami siap memberikan dukungan finansial melalui penyaluran pembiayaan kepada para pelaku UMKM sesuai dengan prinsip syariah," tambahnya.

Selain bekerja sama dengan pemerintah daerah, bank bjb syariah juga aktif melakukan pembinaan dan pendekatan dengan berbagai pelaku UMKM di Jabar. 

Berdasarkan laporan keuangan terbaru, bank bjb syariah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp8,36 triliun atau tumbuh 14,67 persen (YoY) dibandingkan periode sama tahun lalu.

Pertumbuhan pembiayaan ditopang oleh pembiayaan konsumer sebesar 65 persen, lalu segmen non UMKM produktif dengan proporsi sebesar 21%, sementara UMKM sebesar 14%.    

Adang mengatakan, bank bjb syariah akan meningkatkan porsi kredit UMKM dan sektor produktif karena marketnya masih sangat luas. Selain memacu kredit UMKM, bank bjb syariah juga akan memperluas pembiayaan di sektor industri halal di Jabar.

Ia menambahkan, Jabar selama ini merupakan salah satu provinsi penyumbang market pembiayaan syariah. Apalagi Jawa Barat merupakan salah satu penduduk terbanyak di Indonesia dengan dominasi umat muslim sehingga perkembangan industri halal juga terus tumbuh.

“bank bjb syariah aktif mendukung beragam kegiatan bisnis dan industri halal yang ada di Jabar,” tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut