get app
inews
Aa Read Next : 1.500 Anggota Serikat Buruh Berdialog dengan Pemkot Bandung di Momen May Day

Dadang Supriatna Kaji Rencana Pembangunan Rumah bagi Buruh di Kabupaten Bandung

Selasa, 05 Desember 2023 | 16:14 WIB
header img
Bupati Bandung, Dadang Supriatna. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bupati Bandung, Dadang Supriatna menyoroti terkait kondisi puluhan ribu buruh di Kabupaten Bandung yang belum mempunyai rumah pribadi.

"Saya sedang bahas juga ini soal rumah untuk para buruh, skema nanti diskusi serikat buruh karena potensinya dan peluangnya ada, masih banyak juga yang mengontrak. Insya allah saya akan bahas juga dengan berbagai unsur," ucap Dadang di Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Baleendah, Salasa (5/12/2023). 

Dadang mengatakan, bahwa Pemkab Bandung selama dua tahun berturut-turut ini, mendapatkan sejumlah bonus kinerja dari pemerintah pusat. 

"Kemarin tahun 2022 kita dapat dari semua komponon Rp19 miliar, sudah kita bagikan di antaranya kepada buruh total paket sembako 150 ribu paket, tahun ini alhamdulillah mendapatkan kembali bonus kinerja hampir mencapai Rp27 miliar yang sudah disebar kepada semua Dinas," tuturnya.

Dadang mengatakan, bahwa selama 2,5 tahun dirinya menjabat ada 237 penghargaan yang diraih. Termasuk laju pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya minus 1,87 persen. 

"Alhamdulillah saat ini Desember tahun 2022 kemarin mencapai 5,32 persen ini karena kekompakan semua. Sedangkan inflasi nasional berasa di 9 persen, provinsi 5,3 persen dan kabupaten 2,3 persen ini bisa stabil karena kompak dan kolaborasi antara semua pihak termasuk ketahanan pangan setiap tahun kita stock 800 ton, saya tidak mau warga Kabupaten Bandung kelaparan," paparnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini juga menyinggung soal kondisi keamanan yang terjadi di Kabupaten Bandung. 

"Alhamdulillah semua ini karena Pa kapolres dan Pa Dandim berbarengan bekerja. para Buruh nya juga bisa diajak duduk bersama, saya kemarin juga merekomendasi aspirasi soal kenaikan gaji buruh kepada Pemprov Jabar, Karena keputusan kebijakan bukan berada di tangan Bupati," katanya. 

"Walaupun pada keputusannya UMK tidak maksimal, jangan putus asa karena rezeki sudah diatur yang maha kuasa, saat ini Pemerintah Kabupaten Bandung mempunyai modal dana bergulir tanpa bungan dan jaminan, silahkan ajukan dana ini untuk pekerjaan sampingan berjualan, kalau langkah ini di ambil insya allah kedepannya menjadi para pengusaha baru," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Dadang juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada ribuan buruh yang tergabung pada 16 Serikat Federasi se-Kabupaten Bandung.

"Saya berharap dalam pembagian kali ini, minimal kita bisa membantu prioritas kebutuhan terimakasih atas kebersamaanya," imbuhnya.

Sementara itu, Kadisnaker Rukmana berharap, bahwa dari kegiatan ini dapat membantu dan meringankan para pekerja dan buruh. 

"Tahun kemarin itu 30.000 ribuan paket sembako, saat ini 10.500 paket yang dibagikan di BLK Baleendah, semoga dapat membantu, ini kan orientasi pada pekerja perkebunan, dan pekerja yang dirumahkan Alhamdulillah Bupati kita sangat pantas disebut Bapak Buruh," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut