get app
inews
Aa Read Next : Hadir di Forum Internasional, Sekda Jabar: Permudah Penyelesaian Perubahan Iklim

Mengenal Boreh, Rahasia Kecantikan Wanita Bali yang Kaya Manfaat bikin Awet Muda

Minggu, 10 Desember 2023 | 10:02 WIB
header img
Boreh adalah ramuan khas Bali yang telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan. Foto: Ist

Ada tiga kategori boreh di Bali, yaitu boreh anget (boreh asli bali); boreh miyik (terbuat dari bunga-bungaan, antara lain bunga jempiring, lavender, dan mawar); dan boreh tis (terbuat dari sayur dan buah-buahan, yang terdiri dari alpukat, papaya, ketimun, wortel, dan bengkuang). 

Khasiat boreh anget juga ternyata sebagai pengobatan tradisional yang bisa menghangatkan tubuh, memperlancar peredaran darah, mengurangi nyeri otot, nyeri tulang, demam, menggigil, dan sakit kepala.

Perawatan tradisional ini sudah dilakukan sejak lama secara turun-temurun oleh para wanita Bali. Konon awalnya boreh dilakukan untuk meredakan nyeri otot maupun mengurangi rasa pegal setelah seharian bekerja di sawah. 

Tak hanya itu, boreh juga kerap dibalurkan pada tubuh wanita setelah melahirkan untuk mengembalikan kebugaran setelah proses kehamilan yang panjang maupun proses melahirkan yang tak mudah.

Karena banyak manfaatnya, perawatan tubuh khas Bali ini sampai sekarang masih diminati oleh para penikmat lulur tradisional. Apalagi bahan-bahan dalam boreh memiliki khasiat untuk menghangatkan badan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal Boreh kan? Tertarik untuk mencoba? 


 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut