get app
inews
Aa Read Next : Tahun Ini, Bupati Bandung Berencana Bangun Pabrik Pupuk Organik

Pinjaman Modal Usaha BTPN Syariah Jadi Solusi untuk Petani Kembangkan Bisnis

Rabu, 20 Desember 2023 | 15:24 WIB
header img
Pinjaman Modal Usaha BTPN Syariah Jadi Solusi untuk Petani Kembangkan Bisnis. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - PT Bank BTPN Syariah Tbk dan Jawa Barat memiliki keterkaitan yang sangat erat sejak lama. Mengingat, BTPN Syariah telah melayani masyarakat inklusi secara langsung di Jawa Barat sejak 2011, bahkan Jawa Barat tercatat sebagai provinsi pertama yang dilayani oleh BTPN Syariah.

Pimpinan Wilayah Jawa Barat BTPN Syariah, Andi Setio mengatakan, BTPN Syariah yang siklus angsurannya 2 mingguan ini sangat cocok digunakan oleh model bisnis seperti petani yang hasil panennya bulanan. Sebab, itu merupakan usaha yang cashflownya rutin.

"Tapi ada gep nih antara siklus angsuran 2 mingguan dengan hasil panen bulanan. Kita tahu bahwa para nasabah ini tidak semata hanya memiliki pendapatan dari petani. Biasanya kami dorong untuk para nasabah memiliki usaha lain selain hasil tani yang bulanan. Ini merupakan bentuk pendampingan kami juga kepada para nasabah," kata Andi, Rabu (20/12/2023).

Terkait kriteria pinjaman, Andi mengatakan, peraturan BTPN Syariah akan memberikan pinjaman kepada nasabah sebesar Rp2 juta untuk proses awal.

"Tapi kita juga melihat bagaimana besaran usahanya, selagi usahanya berprinsip usaha syariah, produktif juga berpotensi untuk meningkatkan ekonomi nasabah diberi range 2-5 juta rupiah. Kita memilih nasabah yang memang berstatus prasejahtera, sehingga para nasabah bisa bertumbuh," jelasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut