get app
inews
Aa Read Next : Kakorlantas Polri Apresiasi Polda Jabar Dalam Antisipasi Kerawanan Arus Mudik Lebaran

26.000 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Jawa Barat, Fokus Antisipasi Bencana dan Kemacetan

Kamis, 21 Desember 2023 | 10:45 WIB
header img
Polda Jabar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lioin Lodaya 2024 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. (Foto: AGUS WSRSUDI)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Sebanyak 26.000 personel gabungan dari Polda Jabar, Kodam III Siliwangi, Dinas Perhubungan Jabar, dan Basarnas Bandung dikerahkan untuk mengamankan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Personel akan disebar ke seluruh titik rawan bencana alam, kemacetan lalu lintas dan gangguan kamtibmas, baik di jalan tol, arteri, maupun kawasan wisata.

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengatakan, Polda Jabar dan instansi terkait siap mengamankan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pengamanan yang dilaksanakan Polda Jabar didukung penuh TNI, pemerintah daerah, stakeholder lain, dan seluruh elemen masyarakat yang berkontribusi dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban (kamtibmas) yang kondusif.

"Titik rawan, tentunya ini akhir tahun ya. Jadi kami antisipasi penanganan bencana alam. Kami sudah siap karena Bapak Gubernur (Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin) juga sudah mengkoordinir seluruh aparat untuk siap memitigasi jika terjadi bencana alam," kata Kapolda Jabar seusai apel gelar pasukan di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (21/12/2023).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, menghadapi Nataru, Polda Jabar melaksanakan Operasi Lilin Lodaya 2024 selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. "Operasi ini digelar untuk mencegah kriminalitas, pengaturan keamanan, keselanatan, ketertiban, dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas serta mengatasi bencana alam," kata Kabid Humas Polda Jabar seusai apel gelar pasukan.

Jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi ini, ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo, sebanyak 25.973 orang, terdiri atas polisi 11.669, TNI 2.244, dan selebihnya personel instansi terkait dan kemitraan. Puluhan ribu personel itu disebar ke 323 pos yang terdiri atas 216 pos pengamanan, 83 pos terpadu dan 87 pos pelayanan.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut