get app
inews
Aa Read Next : Jamin Keselamatan Wisatawan saat Libur Nataru, Dishub Cimahi Cek Kelayakan Kendaraan

Puncak Arus Mudik dan Balik Natal di Jawa Barat Diprediksi 22 Desember-26 Desember 2023

Kamis, 21 Desember 2023 | 11:32 WIB
header img
Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo. (Foto: Agus Warsudi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA -
Dirlantas Polda Jabar Kombes Wibowo memprediksi dua kali puncak arus mudik dan dua kali puncak arus balik mudik di Jabar selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Saat Natal, puncak arus mudik akan terjadi pada 22 Desember dan balik 26 Desember 2023.

"Puncak arus mudik yang pertama terjadi pada 22 Desember 2023 atau tepatnya saat anak-anak sekolah sudah mulai libur dan berdekatan dengan perayaan Natal. Kemudian, selang sehari setelah Natal atau 26 Desember 2023 puncak arus balik," kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo seusai apel gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2024 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (21/12/2023). 

"Kan tidak ada libur bersama, jadi ada beberapa atau semua kementerian lembaga pemerintah pasti akan masuk, beberapa perusahaan swasta akan masuk, jadi diprediksi ini yang akan menjadi penyebab atau faktor mudik pertama di 26," ujar Kombes Pol Wibowo.

Dirlantas menututkan, puncak arus mudik akan kembali terjadi pada 29 Desember 2023. Kemudian, untuk puncak arus balik libur tahun baru terjadi selang sehari dan dua hari setelah pergantian tahun baru atau 1 Januari 2024 dan 2 Januari 2024.

"Mudik kedua akan terjadi pada 29 atau Jumat depan, yang akan melaksanakan persiapan tahun baru. Mudik balik kedua akan terjadi pada 1 atau 2 (Januari 2024) Ini prediksi aja," tutur Dirlantas.

Kombes Pol Wibowo memastikan Polda Jabar sudah menyiapkan rencana pengalihan arus lalu lintas di jalur arteri dan jalan tol. Masyarakat yang hendak bepergian diimbau menaati aturan lalu lintas dan menyiapkan kondisi kendaraannya.

"Kami minta berhati-hati, taati betul aturan lalu lintas yang ada dan cek kembali kendaraannya, apakah layak jalan atau tidak, kalau tidak dikondisikan. Kemudian lengkapi identitas pribadi, ini sangat mendukung perjalanan masyarakat," ucap Kombes Pol Wibowo.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut