get app
inews
Aa Read Next : QNET dan AP2LI Bertemu dengan Kemendag untuk Tingkatkan Industri Penjualan

Support Sustainable Goals di Indonesia, QNET Raih Dua Award di ISDA 2023

Sabtu, 23 Desember 2023 | 15:28 WIB
header img
QNET Indonesia mendapatkan dua penghargaan untuk program pendidikan dan pelestarian lingkungan pantai dalam ajang ISDA 2023 yang dilaksanakan pada awal Desember 2023. Foto/Istimewa

BANDUNG,Inews Bandungraya.Id - Corporate Forum for CSR Development (CFCD) kembali menyelenggarakan Anugerah Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023 yang dilaksanakan pada awal Desember 2023.

CFCD ingin memiliki kontribusi positif melalui kegiatan yang sejalan dengan perkembangan dunia di atas isu-isu keberlanjutan. Serta menyebarkan pengetahuan, pemahaman, paradigma, konsep dan praktek bisnis dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Untuk anugerah ICA dan ISDA diikuti beberapa perusahaan BUMN, Swasta dan lembaga penggiat CSR di Indonesia serta perseorangan. Pada tahun ini peserta ICA untuk korporat/institusi terdiri dari 32 perusahaan, sedangkan untuk peserta ISDA terdiri dari 101 perusahaan.

ISDA memberikan apresiasi kepada dunia usaha dan lembaga/organisasi non pemerintah yang dinilai berperan aktif dan berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui aktivitas-aktivitas dalam pencapaian SDG, oleh karenanya sama seperti CSR diperlukan juga sebuah apresiasi.

SDGs adalah seruan dan aksi global untuk meminta stakeholders dunia segera bertindak mengakhiri kemiskinan sambil meningkatkan kesehatan dan pendidikan, mengurangi kesenjangan, dan mengatasi perubahan iklim.

Salah satu perusahaan yang mendapatkan penghargaan ISDA adalah QN International Indonesia atau lebih dikenal dengan QNET Indonesia yang mendapatkan dua penghargaan untuk program pendidikan dan pelestarian lingkungan pantai.

"Dua Penghargaan ISDA 2023 yang QNET raih ini tidak lepas dari peran penting semua pihak yang dalam beberapa tahun terakhir terus bekerja sama intensif meningkatkan kualitas hidup melalui program-program yang diiniasi oleh QNET Indonesia," kata Ganang Rindarko, General Manager QNET Indonesia, dalam keterangan persnya.

Pihaknya terus melakukan edukasi pentingnya menjaga lingkungan dengan menggalakan penanaman pohon di lingkungan sekolah, serta merawat dan menamabah pohon bakau di Bali yang ditotal sudah menamam 3.000 pohon bakau.

Khusus untuk penanaman bakau, peran penting dari Kodim 1611 Badung Bali, karyawan, QNET Indonesia, paguyuban nelayan di Taman Hutan Raya Ngurah Rai yang selama tiga tahun terakhir secara kontinue melakukan penanaman.

"Tanpa kerjasama yang solid, mustahil kami mendapatkan penghargaan ISDA yang sudah diakui oleh Bappenas. Bahkan penghargaan ISDA 2023 untuk penanaman bakau di Bali merupakan gelar kedua yang kami dapatkan," sambung Ganang.

Menurutnya, hal itu menunjukan bahwa QNET Indonesia sangat diapresiasi oleh lembaga yang diakui pemerintah sebagai lembaga yang kredibel di sektor Corporate Social Responsibility khususnya SDGs yakni poin 14 yang mendorong tata kelola laut dan pantai secara berkelanjutan di Indonesia.

"Rencananya kegiatan seperti ini akan kami terus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan karena pelestarian lingkungan hidup adalah tanggung jawab bersama," tuturnya.

Sementara itu Ir. Thendri Supriatno MBA selaku Ketua Umum CFCD menyampaikan program CSR dan program SDGs perusahaan merupakan aktivitas perusahaan yang sangat strategis dalam memastikan keberlanjutan perusahaan.

Oleh karenanya ajang apresiasi terhadap program tersebut sangatlah penting untuk dilakukan. Apresiasi baik program penghargaan ICA maupun ISDA akan dilaksanakan dalam sebuah rangkaian acara yang sama.

Sebagai apresiasi diberikan kepada dunia usaha termasuk lembaga mitra perusahaan yang memiliki program atau aktivitas dalam upaya pemenuhan tanggung jawab sosialnya dan kontribusi dalam pencapain tujuan SDGs 2030.

“ICA dan ISDA telah mendapat perhatian baik dari pemerintah melalui dukungan Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia, serta Bappenas, KLHK, dan Badan Standarisasi Nasional (BSN). Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) yang telah menjadi komitmen stakeholders global," terang Thendri. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut