get app
inews
Aa Read Next : 12 Orang Tewas, Ini Kesaksian Sopir Bus yang Terlibat Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek Km 58

Masih Terjadi Kecelakaan di Perlintasan Kereta, Caleg Partai Golkar Edukasi Warga

Sabtu, 23 Desember 2023 | 16:47 WIB
header img
Politisi Partai Golkar dan Caleg DPR RI nomor urut dua dari Dapil Jabar Dua, Kang Sabil mengedukasi warga dengan memasang banner bertuliskan pesan keselamatan di jalan terutama ketika melintasi perlintasan kereta api. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Masyarakat diminta agar selalu menjaga keselamatan saat berkendara di jalan dan melintasi perlintasan kereta api. Jangan sampai kembali terulang insiden kereta menabrak kendaraan dan menimbulkan korban jiwa.

Hal tersebut disampaikan oleh politisi Partai Golkar yang juga Caleg DPR RI nomor urut dua dari Dapil Jabar Dua mencakup Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Bandung, M. Sabil Rachman atau yang akrab disapa Kang Sabil.

Pasalnya dia mengaku sangat prihatim dengan insiden kecelakaan antara Kereta Feeder pengangkut penumpang Whoosh dengan minibus yang menewaskan lima orang di perlintasan sebidang di Kampung Sumur Bor, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Kamis (14/12/2023) lalu.

“Saya turut berduka dan prihatin dengan adanya kejadian yang terjadi beberapa waktu lalu hingga menimbulkan korban jiwa," kata Kang Sabil, Sabtu (23/12/2023).

Dirinya mencoba berinisiatif memasang banner himbauan di beberapa titik perlintasan kereta api (KA) di wilayah KBB. Itu sebagai upaya untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya keselamatan dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas terutama ketika melintasi rel kereta api.

Kang Sabil bekerja sama dengan para pemuda di beberapa titik yang terdapat perlintasan kereta api untuk pemasangan banner bertuliskan pesan keselamatan.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pengemudi kendaraan akan perilaku aman di jalan. Banner yang memuat pesan-pesan keselamatan telah ditempatkan di beberapa lokasi yang terdapat perlintasan.

Salah satu pesan yang terpampang dengan jelas adalah mengenai pentingnya mematuhi rambu yang ada dan aturan terkait pelanggaran yang dilakukan di perlintasan KA.

Melalui gambar dan kata-kata yang menyentuh, masyarakat diingatkan bahwa kecepatan dalam mencapai tujuan bukan menjadi bagian yang utama jika keselamatan harus di korbankan, namun keselamatan melalui ketertiban yang perlu diutamakan.

"Saya mencoba hadir untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya keselamatan saat perjalanan. Mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk lebih memilih mengutamakan ketertiban dan keselamatan melalui kepatuhan terhadap rambu-rambu yang ada," tuturnya.

Pesan-pesan tersebut bertujuan untuk membentuk kesadaran kolektif akan pentingnya mengikuti aturan yang ada demi keamanan bersama. Alhasil pemasangan banner ini mendapat dukungan luas dari masyarakat.

Banyak yang menyambut positif langkah ini, sebab menganggapnya sebagai langkah yang efektif dalam mengingatkan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan di perlintasan kereta api.

Kang Sabil berharap melalui kampanye ini, kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas dapat ditingkatkan. Termasuk dapat mengubah perilaku dan menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman bagi semua pihak.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di jalan raya khususnya di perlintasan kereta demi menekan angka kecelakaan lalu lintas," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut