get app
inews
Aa Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

Dosen Unpas Bandung Tresia Wulandari: Gen Z Berperan Penting Tangkal Hoaks Pemilu 2024

Senin, 25 Desember 2023 | 18:34 WIB
header img
Gen Z berperan penting dalam menangkal hoaks. (Foto: Sindonews)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan (Unpas) Tresia Wulandari menyatakan, generasi milenial dan Zilenial berperan penting dalam menangkal hoaks yang semakin marak beredar di media sosial (medsos) saat memasuki tahun politik, Pemilu 2024. Sebagai generasi yang akrab dengan medsos, mereka harus mampu menangkal hoaks.

Diketahui, penyebaran hoaks semakin meningkat saat penetapan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) beberapa waktu lalu. Bahkan hoaks masif beredar seusai debat capres dan cawapres yang diselenggrakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Untuk menangkal penyebaran hoaks yang begitu masif di berbagai platform medsos, masyarakat dari berbagai latar belakang harus mengambil peran, terutama milenial dan gen Z," kata Tresia Wulandari, Senin (25/12/2023).

Tresia Wulandari menyatakan, sosialisasi merupakan cara paling efektif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi hoaks atau berita bohong.

Milenial dan gen Z harus menjadi target utama pencegahan atau sosialisasi antihoaks tersebut karena mereka dekat dengan medsos. "Gen Z ini memiliki peran penting untuk menciptakan pemilu berkualitas," ujar Tresiai Wulandari.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut