get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Wisata Quran di Bandung: Insya Allah Rahmatan Lil Alamin

Masjid Lautze 2 Bandung, Kiblat Bagi Etnis Tionghoa yang Ingin Pelajari Islam

Selasa, 26 Desember 2023 | 09:00 WIB
header img
Masjid Lautze 2 Bandung. (Foto: Dok. Rifki Syahputra)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Masjid Lautze 2 merupakan salah satu masjid yang memiliki arsitektur unik yang berada di pusat Kota Bandung. Berbeda dari masjid pada umumnya, masjid yang satu ini memiliki desain bangunan yang kental dengan arsitektur khas Tionghoa.

Masjid Lautze 2 ini terletak di Jalan Tamblong Nomor 27, Kota Bandung yang mencuri perhatian setiap pasang mata yang melihatnya. Masjid yang berada di area pertokoan ini sekilas tak tampak seperti masjid pada umumnya.

Di bagian depan masjid, corak budaya Tionghoa begitu lekat dengan hiasan lampion merah berderet rapi menyambut para jamaah. Partisi khas ornamen Tionghoa berwarna merah dan kuning juga melengkapi area bagian pintu masuk.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Lautze 2 Bandung, Rahmat Nugraha menjelaskan, sejarah Masjid Lautze 2 Bandung dimulai pada 12 Januari 1997, ketika Yayasan Haji Abdul Karim Oei Tjeng Hien atau Yayasan Haji Karim Oei (YHKO) menyewa sebuah ruko di Jalan Tamblong Nomor 27.

Masjid ini menjadi kiblat bagi teman-teman dari etnis Tionghoa yang ingin dan sedang mempelajari Islam. Sejarah ini terkait erat dengan Masjid Lautze 1 di Jakarta, yang didirikan pada tahun 1991 oleh Yayasan Haji Karim Oei.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut