get app
inews
Aa Read Next : Lakoni Empat Laga, Ini Jadwal Pertandingan Indonesia U-20 di Bulan Maret 2024

Super Langka! Golongan Darah Tipe P Pertama di Dunia Ditemukan di China

Selasa, 09 Januari 2024 | 08:45 WIB
header img
Golongan Darah Tipe P Pertama di Dunia Ditemukan di China. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kabar menghebohkan datang dari dunia medis. Pasalnya, telah ditemukan kombinasi baru dari beberapa molekul dalam kehidupan manusia, di mana terdeteksi golongan darah yang super langka, yakni golongan darah tipe P di China.

Temuan itu dilaporkan dari sebuah rumah sakit di Taizhou, lebih tepatnya di China Timur, Provinsi Jiangsu yang menyebutkan bahwa sebelumnya ada seseorang dengan golongan darah tipe P, dari subtipe golongan darah P, ditemukan saat melakukan tes darah rutin di rumah sakit tersebut.

Setidaknya ada selusin orang di China atau 12 orang, dengan kasus memiliki golongan darah P yang terdapat di negara tersebut. Meskipun memang jumlah varietasnya terbilang sedikit atau frekuensinya lebih rendah, dengan perbandingan satu dari satu juta, tetapi pada bulan Desember, pusat AS mengatakan urutan nukleotida yang ada di dalam sampel itu belum terdeteksi sebelumnya di negara manapun di dunia.

Nukleotida adalah salah satu jenis dari banyaknya molekul yang membentuk DNA dan RNA, asam nukleat yang membawa informasi genetik. Golongan darah P ditemukan pada tahun 1927, dan sampel dapat dikategorikan menjadi lima subtipe tergantung pada antigen di sel darah merah.

Data menunjukkan bahwa ada lima fenotipe reguler dalam sistem golongan darah P yaitu P1, P2, P1k, P2k, dan p. Akan tetapi, untuk subtipe P1 dan P2 menjadi paling banyak ditemukan diantara subtipe lainnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut