get app
inews
Aa Read Next : Erupsi Lagi, Abu Gunung Ibu di Halmahera Barat Setinggi 5.000 Meter

Hasil Analisis Sementara, Penyebab Longsor Subang Imbas Banjir Bandang Sungai Cipunegara

Rabu, 10 Januari 2024 | 17:05 WIB
header img
Banjir dan longsor di Subang. (Foto: iNews/Agus Warsudi)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Subang atau tepatnya di tempat wisata air Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang diduga akibat debris flow atau banjir bandang Sungai Cipunegara.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk mengungkap penyebab pasti peristiwa longsor yang terjadi pada Minggu (7/1/2024) lalu.

"Pengamatan kami di data-data yang sebelumnya kami punya, peristiwa ini itu lebih condong ke peristiwa banjir bandang sebenarnya," ucap Kepala Tim Kerja Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi, Oktory Prambada saat dikonfirmasi, Rabu (10/1/2024).

Oktory menjelaskan, longsor ini pada dasarnya hanya efek dari peristiwa banjir bandang di Sungai Cipunegara. Mengingat, volume air di sungai saat itu sangat tinggi sehingga berdampak pada peristiwa longsor. 

"Fenomenanya seperti itu, yang longsor itu hanya efek-efek di sempadan sungai karena memang pada saat itu air disungai itu penuh sekali. Kayanya ada banjir bandang, kemudian yang longsor-longsor itu sampai ada yang ke arah-arah bukit itu. Itu merupakan efek banjir bandang," terangnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut