get app
inews
Aa Read Next : Tiga Mahasiswa Sastra Inggris Unpas Selesai Magang di iNews Bandung Raya

150 Kampus di Jateng Gelar Aksi Keprihatinan, Tolak Pelanggar HAM dan Politik Dinasti

Jum'at, 12 Januari 2024 | 16:30 WIB
header img
150 Kampus di Jawa Tengah Gelar Aksi Keprihatinan, Tolak Pelanggar HAM dan Politik Dinasti. (Foto: MPI)

JATENG, iNewsBandungRaya.id - Aliansi Mahasiswa Jateng menolak pelaku pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada rangkaian Reformasi 1998 berkuasa. Tak hanya itu, mereka juga menolak keras politik dinasti yang sedang dibangun dan dilestarikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Para mahasiswa yang tergabung dalam aliansi ini menggelar aksi keprihatinan dengan membagi-bagikan pamflet, selebaran, stiker perlawanan, hingga tabloid Achtung berjudul 'Reformasi Dikhianati'.

"Gerakan ini dilaksanakan serentak di 150 kampus di Jawa Tengah pada Kamis 11 Januari 2024," kata Kordinator Aksi di Jawa Tengah, Jundan Satria Erlangga dalam keterangannya, Jumat (12/1/2024).

Jundan mengatakan, aksi keprihatinan dan perlawanan terhadap pembelokan arah reformasi ini tak hanya di lakukan di Jawa Tengah. Aksi serupa juga dilakukan oleh para mahasiswa di seluruh penjuru tanah air.

"Aksi ini berbarengan dengan ratusan kampus lain di luar Jateng. Total ada sekitar 800 kampus se-Indonesia yang turut menggelar aksi," ungkapnya.

Jundan menyebut, banyak elite politik saat ini yang justru kongkalikong mengkorupsi reformasi. Padahal, Reformasi 1998 yang menumbangkan penguasa tiran Orde Baru (Orba) dibayar dengan cucuran keringat, darah. dan nyawa mahasiswa dan rakyat Indonesia.

"Gerakan ini murni gerakan moral, karena mahasiswa muak dengan penguasa yang melanggengkan kekuasaan dengan cara-cara kotor, mengangkangi konstitusi dan sangat tidak beretika demi mempertahankan kuasa keluarga dan kelompoknya," terangnya.

Jundan menegaskan, aksi ini murni berdasar pada gerakan moral mahasiswa sebagai agent of change untuk kebaikan nasib bangsa dan negara. Menurutnya, sudah puluhan tahun sejak Reformasi 1998, tapi pelanggar HAM masih bebas berkeliaran tanpa diadili.

"Kami juga sangat resah, puluhan tahun sudah reformasi, tapi pelanggaran HAM tahun 1998 tidak kunjung diselesaikan. Ini akan menjadi preseden buruk demokrasi di Indonesia, terutama ranah penegakan hukum," jelasnya.

Lewat aksi serentak ini, Aliansi Mahasiswa Jateng berharap dapat berkontribusi dan menggugah kesadaran masyarakat untuk mencegah orang yang buruk berkuasa. 

"Orang itu kini sangat gila kekuasaan dan berkoalisi dengan anak haram konstitusi," tandasnya.

Diketahui, selain di Jateng, aksi serupa juga dilakukan serentak di berbagai penjuru di Indonesia. Di Jakarta misalnya, mahasiswa dengan mengenakan topeng Guy Fawkes sebagai simbol perlawanan terhadap kekuasaan yang dianggap tiran.

Sementara di Sukabumi, mahasiswa juga menggelar aksi serupa dengan tema 'Aksi Kamisan' untuk mengingatkan rakyat bahaya penguasa tiran dan kebangkitan Orde Baru.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut