get app
inews
Aa Read Next : Lorong Lumut Lembang: Oase Healing di Tengah Keindahan Alam Lembang

Cuaca Ekstrem, Wisatawan Harus Hati-hati saat Liburan

Minggu, 14 Januari 2024 | 16:44 WIB
header img
Curug Cimahi atau terkenal dengan sebutan Air Terjun Pelangi. (Foto: net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Wisatawan diminta untuk waspada saat berlibur ke kawasan pantai, sungai atau air terjun di tengah cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengimbau kepada para wisatawan untuk selalu berhati-hati. Sebab menurut prakiraan cuaca, hujan lebat masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Seperti beberapa waktu lalu, terjadi tanah longsor di area wisata dan sumber mata air Cipondok Kabupaten Subang. Setelahnya, terjadi banjir bandang di Curug Hordeng Kabupaten Bogor. Dalam video yang beredar di media sosial, sungai yang awalnya tenang berubah meluap deras hanya dalam hitungan detik. 

"Melihat fenomena alam ini, diperkirakan akan terus terjadi curah hujan cukup besar di wilayah Jawa Barat. Selain itu sudah banyak terjadi tanah longsor di beberapa titik," kata Benny, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/1/2024).

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada wisatwan untuk selalu hati-hati dalam mengadakan aktivitas wisata di daerah-daerah yang rawan bencana. Bahkan sebaiknya agar menghindari dulu destinasi yang rawan bencana demi keselamatan kita bersama," imbuhnya.

Selain wisatawan, imbauan secara khusus juga diberikan kepada para pengelola destinasi pariwisata. Kadisparbud menyebut pihaknya telah membuat surat edaran kepada kabupaten/kota untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

"Kepada pengelola wisata agar selalu siap melakukan antisipasi sekiranya akan terjadi bencana. Agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi demi keselamatan kita bersama," tuturnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut