get app
inews
Aa Read Next : Tahun Ini, Jemaah Haji Jabar Dipastikan Berangkat dari BIJB Kertajati

Membaik, Ekonomi di Jabar 2023 Tumbuh 5 Persen

Rabu, 07 Februari 2024 | 20:20 WIB
header img
Pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat secara keseluruhan tumbuh menjadi 5 persen, tertinggi kedua di pulau Jawa. Foto: Humas Pemprov Jabar.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat secara keseluruhan tumbuh menjadi 5 persen, tertinggi kedua di pulau Jawa.

Kepala Perwakilan BI Jabar, Erwin Gunawan Hutapea mengungkapkan, angka pertumbuhan ini merupakan tertinggi kedua di Pulau Jawa dan sedikit lebih rendah dari nasional, yakni sebesar 5,05 persen (yoy). 

"Tertinggi kedua di Jawa. Yang pertama itu DIY, wilayahnya jauh lebih kecil dari Jabar. Jadi kita ini lebih kompleks, tapi bisa lebih tinggi dari DKI Jakarta," kata Erwin, Rabu (7/2/2024). 

Pertumbuhan ekonomi di 2023 ini didukung dari konsumsi rumah tangga, sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat pasca pandemi COVID-19 dan antusiasme masyarakat menggunakan transportasi kereta cepat Whoosh.  

Sementara data dari BPS Jawa Barat menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Jabar didorong dari produksi lapangan usaha transportasi dan pergudangan yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 14,67 persen. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut