get app
inews
Aa Read Next : Pegawai Pemkot Bandung Diimbau Tak Pakai Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Sambut Imlek, Pj Wali Kota Bandung Ajak Masyarakat Konghucu Jaga Kerukunan

Kamis, 08 Februari 2024 | 08:01 WIB
header img
Bambang Tirtoyuliono bersilaturahmi dengan Perwakilan Umat Konghucu dalam Rangka Perayaan Hari Besar Agama Konghucu, Tahun Baru Imlek 2024 di Pendopo Kota Bandung, Rabu (7/2/2024).

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari 2024, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengajak masyarakat Konghucu untuk menjaga kerukunan.

Hal tersebut diungkapkan Bambang saat bersilaturahmi dengan Perwakilan Umat Konghucu dalam Rangka Perayaan Hari Besar Agama Konghucu, Tahun Baru Imlek 2024/Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili (Tahun Naga Kayu) di Pendopo Kota Bandung, Rabu (7/2/2024).

Bambang menyatakan semangat tahun baru Imlek 2574 Kongzili harus menjadi momentum untuk mempererat persatuan dan sikap toleransi masyarakat Kota Bandung khususnya bagi penganut agama Konghucu dengan masyarakat Bandung pada umumnya.

Menurut kalender Tiongkok Tahun ini tahun Naga Kayu, hal ini bisa diartikan bahwa tahun naga kayu akan menjadi tahun perubahan baru yang penuh potensi dan peluang. 

“Tentunya hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya ketika dunia dilanda COVID-19, tahun 2024 kita bisa lebih berambisi dan memiliki energi positif karena sio naga dengan unsur kayu menunjukkan sisi inovatif dan kreatif. Semoga kita bisa memanfaatkan potensi di tahun naga kayu ini,” ungkapnya.

Bambang berharap semangat di tahun yang baru akan menumbuhkan sikap saling melengkapi di antara warga Bandung pada umunya.

“Sehingga kohesivitas serta kerukunan dan persatuan selalu terjalin dengan baik. Insyaallah persatuan dan kesatuan di masyarakat bisa kita pertahankan,” ujarnya.

"Selanjutnya mari kita sambut tahun baru Imlek dengan penuh rasa syukur dan semangat untuk mencapai impian-impian kita. Selamat Tahun Baru Imlek, semoga tahun naga kayu tahun ini akan membawa keberuntungan, kebahagiaan bagi kita semua," imbuhnya.

Selain itu, Bambang juga mengajak masyarakat Konghucu menjaga situasi pesta demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 tetap kondusif, damai, aman dan sejuk.

"Dalam waktu 6 hari ke depan kita akan melaksanakan pesta demokrasi yang merupakan sejarah bagi republik. Oleh karena itu saya mengajak semua termasuk masyarakat konghucu untuk kita menjaga kondusivitas, mari kita menjaga damai, aman, dan sejuk pada pesta demokrasi pada 14 Februari," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Ahmad Suherman. 

Menurutnya di tahun politik ini, walaupun berbeda pilihan namun tetap bersaudara. Jangan sampai terpecah belah pelihara persatuan dan kesatuan jaga stabilitas dan persaudaraan sebagai anak bangsa.

"Semoga semua tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan aman lancar serta dapat tercipta iklim demokrasi yang lebih baik di seluruh Indonesia khususnya di Kota Bandung," ujarnya.

"Karena itu penting untuk senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi, serta kedamaian menjadi kunci yang tidak boleh kita biarkan begitu saja," imbuhnya.

Pembimbing Masyarakat Konghucu Jawa Barat Ahmad Fikri Firdaus berharap, peringatan tahun baru imlek, momentum yang tepat untuk mendorong seluruh umat Konghucu dan anggota masyarakat sekitanya yaitu memuliakan Tuhan dengan mengasihi sesama manusia dan tidak berhenti hanya untuk kepentingan diri sendiri saja melainkan kepentingan masyarakat sekitarnya.

"Mudah-mudahan yang kemarin sudah menjadi kebaikan dan seterusnya bisa lebih dipertahankan bisa lebih ditingkatkan dan juga dalam mengarungi kehidupan di masa yang akan datang akan lebih baik lagi," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut