get app
inews
Aa Read Next : Menyambut Tahun Naga Kayu dengan Makna Mendalam di Vihara Satya Budhi Bandung

Mengenal Tradisi dan Ritual Yu Sheng, Makanan yang Disantap Bersama-sama Saat Imlek

Sabtu, 10 Februari 2024 | 13:30 WIB
header img
Tradisi makan Yu Sheng saat Imlek.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Selain barongsai, Tahun Baru Imlek atau tahun baru China juga memiliki tradisi unik lainnya seperti YU Sheng. Dikutip dari laman Radio Republik Indonesia, Tradisi makan Yu Sheng merupakan tradisi yang baru-baru ini menjadi tren di masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa.  

Makna dibalik Tradisi Yu Sheng

Tradisi ini dibawa oleh para nelayan dari China Selatan yang hijrah ke Semenanjung Malaysia pada abad ke-19.  Yu Sheng sendiri adalah tradisi yang berhubungan dengan hidangan khusus di pergantian tahun baru Imlek.

Sesuai adat, menu ini wajib dihadirkan dan disantap dengan iringan doa syukur atas rezeki yang telah diberikan. Doa pengiring Yu Sheng bertujuan agar keluarga yang menyantap Yu Sheng mendapat rezeki yang lebih baik di tahun baru. 

Dalam tradisi ini makanan disajikan dalam satu piring Yu Sheng.  Di piring tersebut ada beberapa makanan dingin seperti irisan ikan salmon, wortel, dan salad lain. Lalu diberikan saus wijen, buah plum, dan sebagainya. Nantinya para anggota yang duduk di meja akan mengaduk makanan tersebut bersama. 

Mereka akan mengangkatnya dengan sumpit setinggi-tingginya sambil mengucapkan "Lao Qi" atau "Lao Hei". Yu Sheng diibaratkan sebagai simbol melimpahnya rejeki, prospektif dan semangat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut