get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pelaku dan Korban Pembunuhan Wanita Dalam Koper Masuk Hotel di Bandung

Menyambut Tahun Naga Kayu dengan Makna Mendalam di Vihara Satya Budhi Bandung

Sabtu, 10 Februari 2024 | 21:15 WIB
header img
Vihara Satya Budhi Bandung. (Foto: Vihara Satya Budhi on Facebook)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Tepat pada 10 Februari 2024 hari ini, dirayakannya Tahun Baru Imlek. Di mana Vihara menjadi pusat kegiatan yang memikat bagi umat yang merayakan. Para pengunjung dari berbagai kalangan berkumpul untuk harapan dan doa.

Salah satunya adalah Vihara Satya Budhi. Kota Bandung memiliki kawasan Pecinan yang membentang dari Jalan Banceuy hingga Jalan Kelenteng. Daerah ini memiliki suasana khas Tionghoa. Salah satunya Vihara tertua di Bandung yang masih berdiri ini.

Vihara yang dinaungi oleh Yayasan Satya Budhi ini terletak di Jl. Kelenteng No. 23A. pembangunan ini bermula dengan kapten Tan Yun Liong yang mengumpulkan dan dari umat Budha dan masyarakat, dan mendatangkan arsitek dan ahli sipil langsung untuk membangun Vihara ini.

Selain karena pemerintah tidak mengakui adanya agama Konghucu, pada awalnya Vihara ini berdiri dengan nama Kelenteng Hiap Thian Kong pada 1855. Namun pada tahun 1965, larangan penggunaan nama Tionghoa hadir di Indonesia, maka dari itu Vihara ini berganti nama menjadi Vihara Satya Budhi. Dan saat ini menjadi tempat ibadah tiga agama, Yaoutu Tao, Konghucu dan Budha.

Tempat ibadah yang kaya akan sejarah dan spiritualitas ini telah menjadi pusat perhatian bagi para pengunjung terutama saat ibadat perayaan Tahun Baru Imlek seperti ini. Dengan ornamen naga yang menghiasi puncak atapnya, Vihara Satya Budhi menarik minat masyarakat hingga wisatawan dengan menghadirkan kesan misterius dan keindahannya.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut