get app
inews
Aa Read Next : Waspada! BMKG Prediksi Wilayah Jabar Diguyur Hujan Selama Periode Lebaran

5 Manfaat Luar Biasa Air Hujan Untuk Tanaman

Jum'at, 16 Februari 2024 | 10:51 WIB
header img
Manfaat Air Hujan untuk Tamanam. (Foto: Haura)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Hujan deras beberapa hari ke belakang membasahi Kota Kembang, Bandung dan Kota lainya di Indonesia. Suasana pun segar sekaligus dingin. Selain memberi kesan segar dan dingin, setiap tetes air hujan juga menjadi berkah bagi tanaman di sekitar. 

Tanpa disadari, air hujan yang mungkin biasanya dipandang sebelah mata oleh manusia, bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi tanaman disekitar kita. 

Air hujan memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi tanaman, membantu mendukung pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Berikut adalah beberapa manfaat utama air hujan bagi tanaman:

1. Meningkatkan Kesuburan Tanah

Menurut jurnal beberapa ahli, air hujan membantu melarutkan nutrisi dalam tanah, memperbaiki kesuburan tanah. Proses ini membantu menyediakan unsur-unsur penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium bagi tanaman, meningkatkan kualitas tanah.

2. Sebagai Pembersih Tanaman

Air hujan membersihkan permukaan daun tanaman dari debu dan kotoran, sehingga bisa meningkatkan efisiensi fotosintesis. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko serangan hama dan penyakit yang dapat menyebar melalui kontaminasi pada permukaan daun.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut