BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan turut mengomentari klarifikasi Ridwan Kamil soal baliho OTW Jakarta yang disebutnya sebagai iklan skincare.
Menurut Firman, baliho OTW Jakarta milik Ridwan Kamil bukan hanya alat atau trik yang digunakan untuk menarik perhatian. Namun juga bagian dari pencitraan politik untuk meningkatkan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat tersebut.
“Jangan lupa Kang Emil itu sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar, yaitu untuk Pilgub DKI dan Pilgub Jabar, jadi kalau kita lihat posisi seperti itu, apa yang dilakukan oleh Kang Emil itu sebagai upaya membangun pencitraan dan memperbesar peluang jika memang maju di Pilgub DKI,” ucap Firman saat dihubungi, Kamis (29/2/2024).
Ditambah lagi, Ridwan Kamil memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik. Sehingga, baliho OTW Jakarta tersebut sudah seharusnya dipahami sebagai strategi politik.
“Kita kan juga tahu, Kang Emil sejak jadi wali kota Bandung dan gubernur Jabar memiliki kelebihan komunikasi publik yang baik, jadi kalau bagi saya harus memahami bahwa ini adalah bentuk komunikasi publik dari seorang politisi yang sudah mendapatkan rekomendasi dari partainya walaupun belum pasti,” tuturnya.
Editor : Zhafran Pramoedya