get app
inews
Aa Read Next : Direkomendasikan PKS Maju Pilwalkot Cimahi, Bagja Setiawan Siap Dongkrak Popularitas

PKS Bantu Pelaku UMKM Jabar Tingkatkan Daya Saing

Sabtu, 02 Maret 2024 | 12:28 WIB
header img
NextPreneur Business Incubator yang digelar PKS Jabar. (Foto:Istimewa)

Salah satu UMKM terpilih, Zahara Mardiah mengatakan, kendala yang kerap jadi tantangan para pemula adalah kebingungan memasarkan produknya. 

"Saya adalah seorang yang memang ingin berkecimpung di dunia usaha, tapi tidak tahu caranya. Kami masyarakat itu tidak butuh dikasih ikan, tapi butuh dikasih kail dan diajari cara memancing," ujarnya.

Sebagai pemula, ia mengatakan pentingnya mengetahui langkah-langkah entrepreneur dalam merintis bisnisnya. 

"Pelaku usaha memang kesulitan untuk membangun bisnis. Bagaimana caranya bertahan ketika bisnis gagal dan lain sebagainya," ungkapnya. 

Zahara ialah pelaku usaha kuliner khas Palembang, yakni Pempek. Dia berani beradu soal cita rasa, meski dipasarkan di Jawa Barat. 

Sebelumnya, ia mendalami pastry and bakery dengan mengolah brownies kemudian berpindah mendalami olahan ikan dan cuko ini. 

"Saat usaha itu gagal tidak tahu hal apa yang harus dikembangkan. Sampai akhirnya mengukuhkan tekad mengikuti acara ini dan bertemu dengan para mentor," ungkapnya. 

Pengetahuan akan bisnisnya semakin terbuka lebar, tak hanya dari rasa yang lezat. Branding produk hingga pemasaran harus ia gencarkan. 

"Dalam bisnis itu ada namanya bisnis model kanvas yang baru saya tahu ketika ikut pelatihan dan banyak ilmu lainnya yang bida digali. Saya yakin para UMKM  itu punya produk-produk yang bagus dan berpotensi, tapi bingung cara mengembangkannya," pungkasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut