get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pelaku dan Korban Pembunuhan Wanita Dalam Koper Masuk Hotel di Bandung

Belakangan Ini Kawanan Monyet Turun ke Pemukiman, Warga Kaitkan dengan Sesar Lembang

Senin, 04 Maret 2024 | 19:08 WIB
header img
Kawanan monyet di pemukiman warga di Kota Bandung. Foto: Tangkapan Layar.

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Belum lama ini puluhan monyet ekor panjang terlihat turun ke pemukiman warga di wilayah Dago, Kota Bandung.

Tak hanya di wilayah Dago, sekumpulan monyet ini juga terlihat di sekitar Jalan Sersan Sodik, Kecamatan Sukasari pada tanggal 29 Februari.

Menurut Ketua Museum Zoologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB), Ganjar Cahyadi, terdapat beberapa alasan mengapa monyet turun gunung ke pemukiman warga, salah satunya adalah mereka merasakan tanda bahaya atau bencana. 

Tetapi jarak waktu terjadinya bencana dari berpindahnya hewan ke suatu tempat biasanya terjadi dengan cepat dikarenakan mereka memiliki insting yang lebih kuat.

Selain terjadinya tanda bencana, monyet turun gunung juga dapat disebabkan karena mereka telah kehilangan sumber makanan sehingga mencari ke tempat lain dan masuk ke pemukiman warga. 

Hal lain juga dapat disebabkan karena adanya kompetisi yang terjadi dengan kelompok monyet lainnya sehingga harus mencari tempat baru.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut