get app
inews
Aa Read Next : Pembagian Kondom Gratis bagi Pelajar, Dinkes Jabar: Bukan Melegalisasi

Penyebaran Wolbachia di Ujungberung Belum Signifikan Tanggulangi DBD, Ini Kata Dinkes Jabar

Sabtu, 09 Maret 2024 | 13:05 WIB
header img
Kepala Dinkes Jabar Vini Andiani Dewi. (Abdul Basir)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Penyebaran nyamuk wolbachia di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung belum berdampak signifikan memberantas nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue penyebab demam berdarah.

Kepala Dinkes Jabar, Vini Adiani Dewi mengatakan penyebaran nyamuk wolbachia di Ujungberung baru ada sekitar 16 persen.Sehingga belum memberikan dampak dalam mengurangi DBD.

"Untuk di Ujungberung itu kan baru September. Persentasenya baru 16 persen. Paling cepat (efektif), kalau sudah di atas 60 persen wolbachia-nya. Paling cepat baru satu tahun yang akan datang," ujar Vini dalam Bewara Jawa Barat (Beja), di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (8/3/2024).

Terkait efektivitas nyamuk wolbachia, Vini mengungkapkan pengembangbiakannga sukses dilakukan di Yogyakarta. Dimana telah terjadi penurunan angka kematian hingga 70 persen.

"Wolbachia sekali lagi bukan yang utama. Paling penting adalah gerakan 3M plus. Ketika kita melaksanakan gerakan 3M Plus, bukan saja nyamuk Aedes Aegypti  tetapi juga membersihkan lingkungan," tandasnya.

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut