get app
inews
Aa Read Next : Memasuki Kemarau, BPBD Kabupaten Bandung Ingatkan Warga Tak Bakar Sampah Sembarang

BMKG Prediksi Awal Musim Kemarau pada April 2024, Dimulai dari NTT hingga Bali

Jum'at, 15 Maret 2024 | 16:16 WIB
header img
Musim Kemarau. (Foto: Ilustrasi/Ist)

"Dari total 699 zona musim yang ada di Indonesia, sebanyak 90 zona atau 13 persen wilayah diprediksi akan memasuk musim kemarau pada April 2024, yaitu disebagian Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Pesisir Utara Jawa dari Banten, Jakarta dan Jawa Barat dan bagian Pesisir Jawa Timur," tuturnya.

Kemudian, sebanyak 19 persen wilayah diprediksi baru akan memasuki musim kemarau pada Mei 2024 yang meliputi wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, hingga Maluku.

"Kemudian sebanyak 133 zona atau 19 persen wilayah akan memasuki musim kemarau pada Mei 2024 yang meliputi wilayah Jakarta, sebagian kecil Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, sebagian Jawa Timur, sebagian kecil Maluku, sebagian Papua dan Papua Selatan," katanya.

Sementara itu, sebanyak 24 persen wilayah baru akan memasuki musim kemarau pada Juni 2024 yang meliputi sebagian besar Pulau Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

"Sementara itu sebanyak 157 zona atau 24 persen wilayah akan memasuki musim kemarau pada Juni 2024 meliputi sebagian besar Pulau Sumatera, Banten, sebagian besar Jawa Barat, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tenggara, serta Maluku bagian kepulauan Aru dan Panimbar," bebernya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut