get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips untuk Kembali Adaptasi ke Rutinitas Kerja Pasca-Libur Lebaran

Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Cimahi Tetap Buka Akses Layanan ke Masyarakat

Rabu, 20 Maret 2024 | 22:20 WIB
header img
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Cimahi, Cecep Heri Suhendar (tengah) saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait kesiapan menghadapi mudik lebaran tahun 2024. Foto/Istimewa

CIMAHI,Inews Bandungraya.Id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan tetap membuka akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama periode cuti bersama dan libur Lebaran 2024.

Hal itu merupakan komitmen BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat. Khususnya, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

"Selama periode cuti bersama dan libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Cimahi, Cecep Heri Suhendar saat ditemui, Rabu (20/3/2024).

Cecep menjelaskan, bagi peserta di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat," jelasnya.

Sementara itu, bagi peserta yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

"Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Termasuk, dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," ujarnya.

Tak hanya itu, ungkap Cecep, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur Lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024.

"Untuk lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88 A di Purwakarta dan Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon," sebutnya.

"Kemudian, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar," sambungnya.

Cecep menerangkan, Posko Mudik Kesehatan tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

"Dengan begitu, masyarakat diharapkan dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Mulyati memastikan Puskesmas yang ada di wilayah Kota Cimahi selama cuti dan libur Lebaran 2024.

"Selama libur Lebaran Puskesmas di Kota Cimahi buka. Kecuali, pada tanggal 7, 14 dan 14. Serta pada Hari Raya Lebaran saja tutup," ujarnya.

Kemudian, untuk RSUD Cibabat tutup pada saat cuti bersama. Namun, untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka selama 24 jam. Termasuk, poliklinik yang juga dibuka untuk pasien umum untuk mencegah membludaknya pasien di IGD.

"Untuk Rumah Sakit swasta, seperti RS Mitra Kasih juga membuka beberapa poliklinik pada Hari Raya Lebaran. Tapi, untuk hari kedua dibuka secara full," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima Asosiasi Klinik Kota Cimahi mencatat, dari 51 klinik yang ada di Cimahi, hanya 15 sampai 16 klinik yang melayani BPJS Kesehatan.

"Kebanyakan klinik tutup, sekitar 5 hingga 6 hari sesuai cuti bersama. Jadi, hanya dua klinik yang buka, yakni Klinik Kasih Bunda dan Klinik dr. Nur. Kalau yang lainnya tutupnya," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut