get app
inews
Aa Read Next : Manfaatkan Potensi Efisiensi di Rumah Sakit dengan SATUNADI-RS dari Telkom

Tangkal Kejahatan di Medsos, 356 Siswa SMK Telkom Ikuti Pelatihan Awareness Literasi Digital

Sabtu, 23 Maret 2024 | 22:29 WIB
header img
Ratusan siswa siswi SMK Telkom Makassar mengikuti pelatihan literasi digital. (FOTO: ISTIMEWA)

"Ada rambu-rambu yang harus dipahami agar kita terhindar dari kejahatan digital. Terpenting siswa menjadi tahu bagaimana privasi terjaga dan bisa terhindar dari pelanggaran atau kejahatan," kata Syifa Afifah Qalbi. 

Setiap siswa, ujar Syifa Afifah Qalbi, harus memahami juga apa perbedaan data pribadi dan privasi, sehingga tidak mudah menyebarkannya ke orang lain. Pasalnya data pribadi itu harus dilindungi. Tidak sedikit kasus pelanggaran atau kejahatan digital berawal dari tersebarnya data pribadi atau privasi.

"Jangan pernah memposting identitas di media sosial atau mudah mengizinkan aplikasi untuk mengakses apa saja dari ponsel atau media sosial yang kita miliki," ujar dia.

Syifa Afifah Qalbi menuturkan, contoh kejahatan digital yang diawali penyebaran identitas di medsos adalah seseorang terjerat pinjaman online (pinjol). Ada juga teknik lain yang dilakukan pelaku kejahatan digital seperti phising atau mengetahui data seseorang dengan cara mengelabuinya.

"Sebaran situs phising banyak terjadi di WA, seperti daftar prakerja, atau mendapatkan subsidi gratis dari instansi pemerintah, dan banyak lagi contoh lainnya. Padahal tujuan utamanya mencuri data pribadi," tutur Syifa Afifah Qalbi.

Syifa memberikan tips agar keamanan digital terjaga. Ada lima langkah yang bisa dilakukan. Pertama, mengidentifikasi aset digital yang dimiliki seperti akun medsos, e-mail, m-banking. 

Kedua, lindungi aset digital, seperti password, 2-Factor Authentication (2FA), privacy setting, backup data. Ketiga, deteksi insiden terkait keamanan digital, seperti haveibeenpwned, review activity, WA-web.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut