get app
inews
Aa Read Next : Pentingnya Lembaga Penyiaran Hadirkan Siaran Ramah Perempuan dan Anak

KPID Jabar Dorong Keselarasan Lembaga Penyiaran dengan Lingkungan Hidup

Senin, 25 Maret 2024 | 20:08 WIB
header img
Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menggelar literasi media dengan tajuk "Ekologi Politik Penyiaran" yang di gelar di Kabupaten Sukabumi. Senin (25/3/2024). 

Dalam sambutannya Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet menyoroti pentingnya keselarasan dan harmonisasi antara lembaga penyiaran, kebijakan pemerintah, masyarakat dan kondisi lingkungan sekitar, agar berbagai kebijakan tidak hanya fokus terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat namun juga berpihak kepada alam guna meminimalisir berbagai potensi bencana akibat kelalaian manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada. 

Adiyana menceritakan mengutip cerita hidup Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Kusno (Nama Kecil Soekarno) memanjat sebuah pohon, dimana di pohon tersebut ada sarang burung. 

Ketika Kusno memanjat sarang burung tersebut terjatuh akibat guncangan Kusno memanjat, hal itupun diketahui oleh sang ayah Raden Sukemi, dan langsung memarahi sang anak. sang ayah pun berkata "apakah kamu sudah lupa apa yang saya ajarkan terhadap kamu" Kusno kecil pun menjawab "ya saya tidak lupa" sang ayah pun bertanya "Apa yang harus kamu lakukan di dunia ini?" Soekarno pun menjawab "Yang pertama harus menjaga lingkungan (alam semesta)".

"Dari penggalan cerita tersebut , konsepsi pemikiran soekarno tidak hanya berbicara tentang ekonomi politik, tidak hanya tentang sosialisme di Indonesia yang harus di tegak kan, namun bung karno juga memiliki pemikiran, lingkungan itu di jaga," ungkapnya. 

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut