get app
inews
Aa Read Next : BMKG Imbau Warga Waspadai Bencana Longsor hingga Banjir Bandang Usai Gempa Garut

AMPI KBB Bersihkan Ponpes yang Terendam Lumpur Imbas Banjir Bandang

Rabu, 27 Maret 2024 | 15:36 WIB
header img
AMPI KBB membersihkan Pondok Pesantren Pusaka Baru di Kampung Joglo, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, yang terendam lumpur setelah diterjang banjir bandang pada Minggu (24/3/2024) malam. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) ikut membantu korban bencana alam di KBB.

Salah satunya dengan membersihkan Pondok Pesantren Pusaka Baru di Kampung Joglo, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, KBB, secara gotong royong.

Aksi sukarela anggota AMPI KBB ini dilakukan untuk membersihkan endapan lumpur imbas bencana banjir bandang menerjang bantaran Sungai Cijambu pada Minggu (24/3/2024) malam.

Ketua AMPI KBB, Edi Rusyandi menerangkan, puluhan anggotanya sigap langsung turun ke lapangan setelah mengetahui ada enam desa di Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga, KBB, terdampak bencana.

Salah satunya ponpes Pusaka Baru, saat banjir bandang menerjang ketinggian air naik hingga 150 sentimeter. Alhasil ketika air surut, bangunan pondok dan masjid tempat santri menuntut ilmu menyisakan lumpur tebal.

"Kami segera turun dalam upaya pemulihan bencana, salah satunya di Pusaka Baru ini kami membersihkan lumpur agar bisa segera digunakan," kata Edi.

Pria yang juga menjabat anggota DPRD Provinsi Jabar ini mengaku, selain turun lansung membantu warga di lokasi terdampak, AMPI KBB juga membantu pengadaan kebutuhan di pengungsian.

Termasuk menginventarisir kebutuhan darurat seperti makanan, pakaian dan kebutuhan balita serta lansia. "Ini bagian dari upaya kedaruratan agar bencana segera pulih dan aktifitas masyarakat kembali normal," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut