get app
inews
Aa Read Next : Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H

Persiapan Mudik Lebaran, Dishub Jabar Siapkan Antisipasi Bencana 

Kamis, 28 Maret 2024 | 20:15 WIB
header img
Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran, Dishub Jabar. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Menjelang mudik lebaran 2024, Dinas Perhubungan bersama pihak-pihak terkait melakukan Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran, pada Kamis (28/3/2024).

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A. Koswara mengungkapkan pentingnya menyamakan persepsi untuk persiapan mudik lebaran.

“Jadi kita sama-sama dengan seluruh stakeholder membahas beberapa poin yang harus sama persepsinya, kemudian nanti perannya di dalam melaksanakan itu sinergi,” ujar Koswara, Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, hal itu sangat penting agar seluruh pihak terkait semakin kuat dalam menghadapi mudik lebaran 2024.

“Pemahaman itu perlu dibangun melalui pertemuan-pertemuan seperti ini, itu ada beberapa kali melakukan rapat-rapat seperti ini dan semakin menguatkan kita menghadapi mudik di 2024 ini,” bebernya.

Adapun terkait poin penting yang dibahas dalam rakor tersebut, yang pertama mengenai aspek kelancaran lalu lintas.

Koswara mengatakan, antisipasi beberapa gangguan lalu lintas itu harus dipahami sebagai hal yang harus disiapkan secara bersama.

“Kedua, mitigasi terhadap kondisi kebencanaan. Ketiga, penanganan atau persiapan moda transportasinya,” ujarnya.

“Keempat, masalah personil, tentang cara bertindaknya seperti apa yang harus dilakukan oleh seluruh tim,” sambungnya.

Selain itu, Koswara juga menyampaikan terkait antisipasi bencana alam yang terjadi di jalur mudik lebaran.

Koswara mengungkapkan yang pertama dilakukan dalam mitigasi bencana mudik lebaran yakni dengan melihat pertimbangan dari prakiraan cuaca terlebih dulu.

“Kalau mitigasi itu pertama pertimbangan dari perkiraan cuaca dulu, memang ada perkiraan cuaca yang memungkinkan terjadi di daerah Selatan, intinya masih ada curah hujannya,” ujar Koswara, Kamis (28/3/2024).

Adapun terkait bencana yang diwaspadai diantaranya yakni longsor, kemudian tanah yang amblas, dan juga banjir di jalur mudik lebaran.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Koswara mengatakan, Dinas Bina Marga telah mempersiapkan armada dan alat berat yang disiagakan.

“Untuk yang harus diantisipasi yaitu pengaruhnya terhadap akses jalan, dari Dinas Bina Marga kemarin waktu di Polda itu sudah disampaikan kesiapannya, armada dan alat berat disiagakan, tentu kerja sama dengan kabupaten/kota,” bebernya.

Selain itu, hal yang paling penting dalam mitigasi bencana, kata Koswara, yaitu keterlibatan masyarakat.

“Kemudian antisipasi paling penting juga keterlibatan masyarakat untuk hal kedaruratan, kemudian keterlibatan masyarakat sendiri terutama di kawasan yang rawan bencana,” ujarnya.

Kemudian, Koswara juga menyampaikan terkait program mudik gratis Dishub Jabar tinggal tersisa kuota internal.

“Mudik gratis jumlahnya kita kan sudah disampaikan tadi hampir 10 ribu, kuotanya yang tersisa tinggal di internal, kalau yang keluar Jabar udah habis,” ujarnya.

Adapun kuota mudik gratis di wilayah Jabar yang tersisa itu ke arah Priangan Timur, seperti Garut dan Tasik, dan akan habis menjelang lebaran.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut