get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Kemenkominfo Dorong Masyarakat Tingkatkan Pemahaman Hak dan Tanggungjawab di Ruang Digital

Sabtu, 30 Maret 2024 | 13:31 WIB
header img
Webinar 'Jangan Asal Klik, Waspada Link Phising'. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan peserta berasal dari orang tua siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai Hak dan Tanggungjawab di Ruang Digital dengan tajuk 'Jangan Asal Klik, Waspada Link Phising' pada Rabu (27/3/2024).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Berdasarkan hasil survey, indeks literasi digital nasional pada tahun 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks tahun sebelumnya. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin, pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas. Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut