get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips untuk Kembali Adaptasi ke Rutinitas Kerja Pasca-Libur Lebaran

Kampung Satwa di Lembang Park and Zoo Jadi Spot Favorit Bagi Wisatawan

Jum'at, 12 April 2024 | 19:41 WIB
header img
Pengunjung sedang melihat gajah di salah satu spot wahana kampung satwa yang ada di Lembang Park and Zoo, Parongpong, KBB, yang banyak dikunjungi di libur lebaran ini. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Kawasan Kampung Satwa yang ada di objek wisata Lembang Park and Zoo di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), jadi salah satu spot favorit yang dikunjungi wisatawan.

Pasalnya banyak aneka satwa yang bisa dilihat dari dekat sehingga wisatawan bisa merasakan sensasi yang berbeda. Wisatawan yang masuk bisa melihat koleksi berbagai satwa sambil berkeliling dengan menaiki mobil yang sudah didesain khusus.

Berbagai jenis satwa dilepasliarkan di kampung satwa ini, di antaranya seperti domba berbagai jenis, keledai, burung unta, kerbau. Kemudian ada juga harimau benggala, singa putih, tiga ekor cheetah terdiri dari dua betina dan satu jantan.

Serta hewan mamalia omnivora berbadan besar dari Afrika yakni Hippopotamus Amphibius atau kuda nil (badak air). Suasana lokasi juga didesain dengan konsep alam Afrika, India, savana, dan Indonesia.

"Total di sini ada 792 jumlah satwa dengan total spesies mencapai 196, termasuk di antaranya Harimau Golden Tebi yang di dunia hanya ada 30 ekor dan Lembang Park and Zoo punya satu pasang," terang General Manager (GM) Lembang Park and Zoo Iwan Susanto saat ditemui, Kamis (11/4/2024).

Pada momen libur lebaran kali ini pihaknya juga menghadirkan spot wahana baru seperti sangkar terbuka untuk velikan di dua tempat. Ke depannya juga akan di lengkapi dengan pedding velikan, sehingga pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa.

Disinggung soal angka kunjungan wisatawan, Iwan menyebutkan, belum terlihat ada kenaikan signifikan. Tingkat kunjungan wisatawan baru naik antara 10-20 persen dibanding hari biasa. Namun dibandingkan periode yang sama di libur lebaran tahun lalu, masih ramai tahun lalu.

Kondisi itu diprediksi karena banyak di antara masyarakat masih melakukan kegiatan silaturahmi ke rumah kerabat atau menjalani tradisi ziarah kubur. Sementara untuk puncak kunjungan wisatawan diprediksi akan terjadi mulai Sabtu dan Minggu 13-14 April 2024.

"Angka kunjungan masih sama seperti libur weekend hari biasa yakni 15-20 persen. Kita harap besok sampai Minggu bisa naik," ucapnya.

Iwan menerangkan angka kunjungan wisatawan ke Lembang Park and Zoo pada H-1 hingga H+1 tahun ini masih kalah dibanding Lebaran tahun lalu. Waktu itu jumlah kunjungan hampir mencapai angka 10.000 per hari sehingga parkiran dan juga foodcourt penuh, tapi kali ini angkanya baru mencapai 2.000.

Salah satu faktor penyebab angka kunjungan masih lesu karena waktu libur lebih panjang sebelum Lebaran. Sedangkan tahun lalu, waktu libur panjang berada setelah Lebaran. Sehingga momen liburan sudah dipakai sebelum Idulfitri. Sedangkan pasca Idulfitri, masyarakat lebih menghabiskan waktu untuk silaturahmi dan mudik balik.

"Semoga saja di sisa waktu libur tahun masih dipakai untuk datang ke sini dan kami sudah antisipasi dengan menyiapkan lahan parkir sampai zona 6 yang bisa menampung 1000 mobil dan 500 motor," sebutnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut