get app
inews
Aa Read Next : Pilgub Jabar 2024, Demokrat Harap Ace Hasan Kalahkan Ridwan Kamil di Survei

PSI Siap Dukung Giring Maju di Pilgub Jabar 2024, Ini Syaratnya

Senin, 22 April 2024 | 20:43 WIB
header img
Giring Ganesha. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka peluang untuk mendorong Giring Ganesha Djumaryo maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Dengan syarat, ada partai politik (Parpol) lain yang meminta berkoalisi. 

Ketua DPW PSI Jabar, Marshall Chandra mengatakan, partai berlambang bunga mawar putih ini siap mendukung penuh kadernya maju di Pilgub Jabar 2024 jika ada partai lain yang meminta.

Namun, PSI tidak bisa mengusung sendiri calon gubernur. Sebab menurutnya, partainya kini hanya memiliki satu kursi di DPRD Jabar.

"Kalau nawarin calon internal belum. Tapi kalau ada (yang minta Giring) bagus banget, kita dukung aja. Dengan catatan ada keinginan dari partai lain, kita kan kursi (DPRD) cuma satu kalau ada mau dengan senang hati," ucap Marshall saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024).

Marshall mengatakan, saat ini PSI tengah menjalan komunikasi dengan Partai Golkar. Komunikasi ini terjalin lantaran PSI satu fraksi di DPRD Jabar dengan partai berlambang beringin tersebut.

Untuk urusan Pilgub Jabar 2024, kata Marshall, PSI akan menjalin komunikasi dengan partai lainnya termasuk dengan Partai Gerindra. 

"Kalau Gerindra dan Golkar (Meminta), bisa juga kalau dorong Bro Giring. Kita kalau ada kader yang mau maju kita dukung," ujarnya.

Pada Pileg 2024, Giring maju sebagai caleg DPR RI Dapil Jabar I meliputi Kota Bandung dan Cimahi. Perolehan suaranya sendiri cukup besar, namun tidak lolos karena pantainya tidak melebihi ambang batas. 

Meski begitu, Marshall memastikan siap mendukung jika ada partai lain yang meminang Giring untuk di Pilgub Jawa Barat. 

"Kalau kita lihat, kemarin suara Bro Giring di Pileg juga lumayan. Kami siap mendukung," tegasnya.

Sebelumnya, Partai Golkar sendiri masih belum menentukan siapa kader yang akan diusung untuk Pilgub Jabar 2024. Namun, mantan gubernur Ridwan Kamil didorong untuk kembali maju bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Jawa Barat ini. 

"Jadi tentu kami selagi belum ada perubahan dari DPP, hingga saat ini masih konsisten mendorong Pak Ridwan Kamil untuk menjadi calon gubernur dari Partai Golkar dalam pilkada di Jawa Barat," ujar Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Tubagus Ace Hasan Syadzily, Kamis (7/3/2024).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut