get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Singkat Hari Buruh 1 Mei, Diperingati di Seluruh Dunia

Mengenal Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Tari Sedunia 29 April

Rabu, 24 April 2024 | 12:40 WIB
header img
Tari Saman. ( Foto: wikimedia.org)

Untuk memperingati World Dance Day setiap tahunnya, ITI mengundang anggotanya bersama para penari, koreografer, mahasiswa tari dan penggemar untuk bergabung dengan mereka dalam perayaan tersebut.

Perayaan berlangsung di kota tuan rumah yang diputuskan oleh Dewan Eksekutif International Theatre Institute, misalnya pada tahun 2017 diselenggarakan di Shanghai, Cina, dan pada tahun 2018 itu di Havana, Kuba.

Salah satu tari tradisional yang terkenal dan mungkin sudah tidak asing di telinga kita adalah Salsa. Salsa merupakan salah satu tarian Latin yang menginspirasi munculnya berbagi tari di dunia.

Salsa semakin popular karena gerakannya yang dinamis, lincah, dan energik dan diiringi oleh musik Salsa yang berasal dari Son Kuba. Musik tersebut gabungan dari musik tradisional Afrika dan Kuba serta irama Amerika Latin.

Selain itu, banyak tarian Indonesia yang juga sudah terdengar dan ditampilkan di kancah internasional. Seperti contohnya tari Saman. Tari Saman merupakan tari yang berasal dari Suku Gayo.

Tarian ini biasanya ditampilkan dalam acara-acara penting dalam sebuah adat. Syairnya sendiri menggunakan bahasa Gayo. Selain itu, tari Saman juga biasa ditampilkan saat perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Bahkan, tari saman kemudian ditetapkan UNESCO sebagai salah satu daftar representasi budaya Tak benda Warisan Manusia di dalam sidang ke-6 pada Komite Antar Pemerintah untuk melindungi warisan budaya Tak Benda UNESCO yang digelar di Bali pada 24 November 2011.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut