get app
inews
Aa Read Next : 1.500 Anggota Serikat Buruh Berdialog dengan Pemkot Bandung di Momen May Day

Pemkot Bandung Targetkan Indeks Kematangan SPBE Naik 4,5

Selasa, 04 Juni 2024 | 16:57 WIB
header img
Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pemkot Bandung menargetkan indeks kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024 naik menjadi 4,5 dengan predikat memuaskan pada penilaian yang akan digelar Kemenpan RB.

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, indeks kematangan SPBE Kota Bandung tahun 2023 mencapai 3,98 atau sangat baik.

Oleh karenanya Hikmat menargetkan pada penilaian tahun 2024 indeks kematangan SPBE dapat meningkat lagi.

"Saya pikir ini bisa kita tingkatkan lagi. Melalui kick off penilaian SPBE, kami berharap dapat menyederhanakan layanan, menginterpretasikan aplikasi dan dapat meningkatkan pelayanan publik yang baik di Kota Bandung," katanya saat membuka Kick Off penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kota Bandung Tahun 2024 di Ruang Meeting Asep Stroberi, Jalan Linggawastu Bandung, Selasa (4/5/2024).

Hikmat menerangkan, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat 

"Kita sudah melaksanakan langkah ini dan sangat strategis sekali. Perangkat daerah telah membuat sistem yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan SPBE, ia meminta perangkat daerah berhenti membuat aplikasi baru dan mengedepankan penyederhanaan integrasi aplikasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, SPBE Kota Bandung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021 Kota Bandung mendapat skor 3,19. Kemudian di tahun 2022 naik menjadi 3,6 dengan indeks sangat baik.

Lalu, pada tahun 2023, SPBE Kota Bandung memperoleh skor 3,98, mampu melampaui target RPJMD di angka 3,5.

Berdasarkan hasil penilaian, terdapat empat domain yang sudah memiliki skor memuaskan, tapi masih perlu ditingkatkan, yakni kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan.

Dengan kolaborasi dan sinergi seluruh perangkat daerah dalam pelaksanaan SPBE di Kota Bandung menjadi motivasi untuk menghadirkan indeks kematangan SPBE yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Ini menjadi motivasi kita agar SPBE lebih baik dari 2023. Mudah-mudahan dengan usaha kita semua, Pemkot Bandung bisa mencapai target 4,5. Di samping smart city juga harus baik, SPBE ini fondasi dari smart city," ujarnya.

Melalui pengembangan ini, Yayan berharap SPBE di Kota Bandung lebih efektif dan efisien dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut