get app
inews
Aa Read Next : Peluncuran dan Bedah Buku "Hati yang Menemukan Bumi" Semarakkan HUT ke-17 KBB

Aktivis Sosial KBB Raih Penghargaan Pemuda Pemberdaya Masyarakat dari Gubernur Jabar

Sabtu, 08 Juni 2024 | 12:58 WIB
header img
Aktivis sosial dan pendidik asal KBB, Wildan Awaludin mendapatkan penghargaan Pemuda Pemberdaya Masyarakat dari Gubernur Jawa Barat melalui Disorda Jabar. Foto/Istimewa

BANDUNG,iNews BandungRaya.id - Wildan Awaludin mendapatkan penghargaan Pemuda Pemberdaya Masyarakat oleh Gubernur Jawa Barat melalui Disorda Jabar.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi signifikan Wildan dalam meningkatkan minat baca dan memberdayakan komunitas di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Saya sangat bersyukur atas penghargaan ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan ke depan saya akan terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik," tutur Wildan, Sabtu (8/6/2024).

Wildan yang dikenal sebagai pendidik dan aktivis sosial yang telah berdedikasi tinggi terhadap pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat ini, memang begitu konsen dalam berbagai aktivitas di masyarakat.

Pria kelahiran 14 Juni 1991 ini telah menunjukkan komitmen dan kepemimpinan sejak masa sekolah. Berdomisili di Kampung Cibungur, Batujajar Timur, KBB, Wildan menempuh pendidikan di SDN 1 Cibungur, MTs Albidayah, dan SMAN 1 Batujajar.

Kemudian dia melanjutkan studi ke STKIP Pasundan Cimahi dan IKIP Siliwangi Bandung. Latar belakang pendidikannya yang kuat menjadi dasar bagi berbagai inisiatif yang dia jalankan.

Sejak masa sekolah, dirinya dikenal aktif dalam berbagai organisasi. Mulai dari OSIS di MTs Albidayah dan SMAN 1 Batujajar, hingga keterlibatannya di perguruan tinggi dan berbagai komunitas.

Wildan berperan aktif dalam Kader Kampung Bangkit Salman ITB, Sinersia Foundation, dan menjabat sebagai Ketua Attarbiyyah Center Community (ACC).

Sementara di tingkat kabupaten dan provinsi, dia memainkan peran penting dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) dan Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB).

Selain itu, dia juga berkontribusi dalam organisasi kepemudaan seperti HIPMI dan ICMI, serta menjabat sebagai Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Batujajar, Ketua Bumdes Batujajar Timur.

Lalu menjadi pengurus Lembaga Perekonomian NU KBB, pengurus Pondok Yatim Piatu Roudotul Amanah, dan Leader Smartfren Community KBB. Prestasi yang telah diraih itu, mencerminkan kontribusinya yang luas dan berpengaruh.

Dia meraih juara 1 dalam Apresiasi Tingkat KBB dan diakui sebagai Pemuda Pelopor dalam meningkatkan minat baca di KBB. Sehingga penghargaan dari Gubernur Jawa Barat ini semakin menegaskan peran pentingnya dalam pemberdayaan masyarakat.

Selain aktif dalam berbagai organisasi, Wildan juga berkontribusi dalam dunia literasi. Dia menulis buku "Kumpulan Relawan Bidik Celah Sudut Baca Soreang" dan terlibat dalam program "Kartu Sakti Vokasi Menulis" dari Kemendikbud. Karya-karyanya ini mencerminkan dedikasi dan upayanya dalam memajukan pendidikan dan memberdayakan masyarakat.

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya untuk terus berkontribusi dalam pengembangan komunitas dan peningkatan kualitas pendidikan. Sebab perubahan positif di masyarakat hanya dapat dicapai melalui komitmen dan kerja keras," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut