get app
inews
Aa Read Next : Gunung Marapi di Sumbar Erupsi Lagi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Km

Gunung Semeru Muntahkan 28 Kali Guguran Lava Pijar Sejauh 2.500 Meter

Senin, 10 Juni 2024 | 18:23 WIB
header img
Lava pijar Gunung Semeru. (Foto : Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi dengan mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur 2500 meter ke arah Besuk Kobokan pada Senin (10/6/2024) pukul 00.42 WIB.

Berdasarkan hasil pengamatan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada pukul 00.00 – 06.00 WIB menunjukkan, bahwa kejadian guguran lava pijar teramati sebanyak 28 kali dengan jarak luncur 1000 – 2500 meter ke arah Besuk Kobokan.

"Aktivitas Gunung Semeru memperlihatkan bahwa aktivitas erupsi, awan panas dan guguran lava masih terjadi, namun secara visual jarang teramati karena terkendala dengan cuaca yang berkabut," ucap Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid dalam keterangannya, Senin (10/6/2024).

Selain berpotensi terjadi awan panas, kata Wafid, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung Semeru.

"Akumulasi material hasil erupsi (letusan dan aliran lava) berpotensi menjadi guguran lava pijar, atau pun awan panas," ujarnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut