get app
inews
Aa Read Next : 2 Mobil Bertabrakan di Flyover Cimindi Sebabkan Macet Total Selama 1 Jam

Peran Jurnalis Jaga Kondusivitas Jelang Pilkada Serentak 2024 di Jabar

Minggu, 16 Juni 2024 | 08:27 WIB
header img
Jurnalis harus berperan menciptakan Pilkada Serentak 2024 di Jabar damai. (FOTO: ISTIMEWA)

CIMAHI, iNewsBandungRaya.id - Di era digital, informasi menyebar luas tak terkendali dan masif di media sosial (medsos). Sebagian informasi yang beredar itu tidak berdasarkan fakta.

Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada November 2024, dikhawatirkan akan muncul hoaks di medsos yang dapat menimbulkan keresahan.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Korda Kota Cimahi-Bandung Barat Edwan Hadnansyah mengatakan, di tengah gempuran informasi, masyarakat diimbau lebih tabayun dalam menyerap informasi menjelang pilkada serentak di Jawa Barat.

“Informasi hoaks dapat memecah belah persatuan. Karena itu, kami sebagai jurnalis yang bertugas menyebarkan informasi harus menjaga kondusivitas di tahun politik ini dengan membuat berita sesuai fakta dan data. Sehingga, masyarakat pun bisa menerima informasi yang benar," kata Ketua IJTI Korda Cimahi-KBB, Sabtu (15/6/2024).

Peran jurnalis, ujar Edwan, bukan hanya mengungkap fakta, tapi juga membangun narasi tepat sehingga tidak menimbulkan konflik. 

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut