get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Larang Pendukung Paslon Lakukan Konvoi Selama Masa Kampanye

Tangkal Hoaks Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Akan Gandeng Admin Medsos

Kamis, 20 Juni 2024 | 21:06 WIB
header img
Ilustrasi hoaks. Hoaks yang marak menjelang pilkada serentak harus diwaspadai. Masyarakat wajib melakukan validasi atas informasi yang didapat. (FOTO: ILUSTRASI/ISTIMEWA)

"Karena ini (hoaks) menyebar di 514 daerah, kami berharap partisipasi dinas-dinas Kominfo di daerah dan lembaga pemerintah lainnya, perguruan tinggi, pegiat pemilu, dan organisasi masyarakat sipil di daerah agar (hoaks) bisa diantisipasi sambil meningkatkan literasi publik," ujar Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu itu.

Herwyn memprediksi hoaks akan banyak muncul di tahapan kampanye dan menjelang pemungutan suara. Untuk mengantisipasinya, Bawaslu saat ini sedang mengidentifikasi kerawanan yang akan masuk dalam Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) 2024.

Selain itu, tutur dia, Bawaslu juga tengah membuat panduan pencegahan untuk para pengawas pemilu di daerah, termasuk antisipasi hoaks.

"Sambil menyosialisasikan bahaya hoaks bersama stakeholder kementerian/lembaga, pemerintah daerah, platform medsos kepada masyarakat, kami juga memaksimalkan peran hingga ke desa. Kami utamakan pencegahan," tutur pria asal Manado itu.

Selain berkolaborasi dengan admin medsos daerah, kata Herwyn, Bawaslu juga akan melibatkan konten kreator untuk turut serta melakukan literasi digital.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut