Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho menyatakan, dengan dukungan berkelanjutan dari Google.org, Mafindo merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Love Frankie, Think Policy, Perludem, Ruangguru, para pakar, dan aktivis literasi lainnya untuk memperluas program Tular Nalar di 38 provinsi.
“Hal ini akan mendukung upaya kami sebelumnya dalam memberdayakan penerima manfaat, terutama first-time votters dan lansia dengan critical thinking untuk mengenali dan mencegah penyebaran hoaks, misinformasi, disinformasi, dan ujaran kebencian terkait pemilu,” kata Septiaji.
Direktur Love Frankie Matt Love mengatakan, saat ini Indonesia berada pada titik kritis di tengah badai informasi digital. Tantangan hoaks, misinformasi, dan disinformasi bukan hanya menjadi sekadar gangguan selewat tetapi ujian ketahanan kolektif atas norma dan demokrasi.
Urgensi untuk mengatasi krisis literasi digital tidak pernah lebih terasa seperti sekarang. Bagi first-time voters yang memainkan peran penting dalam membentuk masa depan bangsa, kemampuan untuk mengidentifikasi dan menangkal potensi misinformasi bukan hanya aset, tapi suatu keharusan.
“Bagi Love Frankie, kolaborasi kami dengan Mafindo dalam program Tular Nalar lebih dari sekadar kemitraan. Ini adalah upaya terpadu untuk membekali first-time voters dengan keahlian prebunking," kata Matt Love.
Editor : Ude D Gunadi