get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif dan Tips Jitu dari Dr. Maya Nabila Raih Sukses Studi S3 dalam Usia 24 Tahun

Sekjen Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan Tertinggi ITB: Ganesa Widya Jasa Adiutama

Rabu, 03 Juli 2024 | 17:30 WIB
header img
Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Dr Suyus Windayana mendapatkan penghargaan tertinggi ITB, Ganesa Widya Jasa Adiutama, Rabu (3/7/2024). Foto: Ist.

Langkah itu termasuk dalam pengamanan data digital kementerian. Sekali pun sejauh ini aman termasuk dengan pendekatan teknologi tercanggih, pihaknya mesti melakukan antisipasi lebih dari memadai.

"Sebetulnya database yang kita simpan, kita punya, tapi kita harus jagain juga mengenai security-nya karena ini bukan hanya sekadar database tetapi juga di lingkungannya baik di luar maupun di dalam. Khusus di internal, saya khawatir dan ini sosialisasi terus dilakukan supaya tidak bocor seperti urusan penggunaan username dan password itu kadang bisa jadi lubang," bebernya.

Karena itu, pihaknya tak segan untuk mengambil tindakan tegas terhadap SDM yang dipercaya dalam menjaga keamanan data tersebut. Tanpa langkah itu termasuk rangkaian sistem lainnya, pihaknya menyebut transformasi digital yang dilakukan sejak 2000 itu bisa berujung mejan.

"Kita sudah menetapkan reward and punishment, jadi apabila ada orang yang membuat lubang-lubang itu, tentunya kita akan segera kita punish dan beberapa kita sudah dikeluarkan," tandasnya.

Sejalan dengan hal itu, Sekretaris ITB, Widjaja Martokusumo saat memberikan penghargaan mengungkapkan harapannya akan penghargaan yang diberikan bisa menjadi motivasi bagi seluruh pihak.  

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut