get app
inews
Aa Read Next : Pesona Assos, Permata Aegean di Kaki Gunung Ida Utara Turki 

Manfaatkan Potensi Bisnis Pariwisata, Pemkab Bandung Latih Generasi Muda Jadi Tour Guide

Kamis, 04 Juli 2024 | 09:00 WIB
header img
Pemkab Bandung Latih Generasi Muda Jadi Tour Guide. (Foto: Ist)

"Di Pangalengan banyak destinasi wisata yang lebih bagus, dengan kondisi alam cukup indah dan menarik serta udara yang sejuk. Kunjungan wisata ke Pangalengan juga cukup bagus," jelasnya.

Rukmana berharap dengan adanya potensi wisata di Pangalengan itu, sehingga ada tenaga lokal atau tour guide. Untuk itu, ia menekankan kepada orang-orang yang ada di desa untuk mempersiapkan tour guide-nya dengan baik, yaitu melalui pelaksanaan pelatihan dan mereka diberi sertifikasi.

"Dalam pelaksanaan pelatihan ini, kita kerjasama dengan tour guide Jawa Barat. Instrukturnya pun dari tour guide Jawa Barat. Kemudian nantinya dikerjasamakan dengan asosiasi travel dan lain sebagainya untuk membuka kesempatan lapangan kerja," terangnya.

Tak hanya itu, kata Rukmana, para peserta tour guide juga nantinya ada pelatihan bagaimana menjadi tenaga lokal di bidang tersebut.

"Ini bentuk perhatian besar Bapak Bupati Bandung kepada masyarakat Kabupaten Bandung dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung. Tour guide ini bagian dari program yang kita laksanakan, sehingga masyarakat juga harus tahu program pelatihan yang dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan untuk kepentingan masyarakat luas," tuturnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut