get app
inews
Aa Read Next : DPRD Minta Baznas Jabar Perbaiki Teknis Aturan Penggunaan Dana Zakat

Baznas Jabar Award 2024 Apresiasi 119 Pemenang, Kota Bandung Keluar Sebagai Juara Umum

Kamis, 11 Juli 2024 | 18:15 WIB
header img
Baznas Award 2024 memberikan penghargaan kepada 119 pemenang di Grand Sunshine Soreang, Rabu (10/7/2024). Foto: Ist.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat menggelar anugerah Baznas Jabar Award 2024 yang memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berperan penting dalam perkembangan zakat di Jawa Barat. 

Acara yang digelar pada 10 Juli 2024 di Grand Sunshine Soreang ini memberikan penghargaan kepada 119 pemenang yang terbagi ke dalam berbagai kategori. 

Dalam ajang tersebut, Baznas Kota Bandung keluar sebagai juara umum dengan raihan penghargaan terbanyak.

Baznas Jabar Award 2024 dihadiri oleh Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin, Walikota dan Bupati di Jabar, Pimpinan Baznas RI, Pimpinan Baznas Jabar, Pimpinan Kota dan Kabupaten Se-Jabar, Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Jabar, LAZ tingkat nasional perwakilan Jabar, LAZ tingkat kabupaten dan kota di Jabar, UPZ Baznas Jabar, serta para penerima Baznas Jabar Award 2024.

Wakil Ketua IV Baznas Jabar sekaligus koordinator pengarah Baznas Jabar Award 2024, H. Achmad Faisal, S.Pd menjelaskan penilaian Baznas Jabar Award dilakukan secara objektif  serta memastikan bobot penilaian berkualitas.

“Kami melakukan penilaian yaitu dengan monitoring dan evaluasi yang dinilai secara objektif dengan data-data yang kami dapatkan. kategori tahun ini memang lebih sedikit tapi kami memastikan bobot penilaian betul betul berkualitas bagi Baznas dan LAZ di Jawa Barat,” kata Achmad Faisal.

Sementara itu, Ketua Baznas Jabar, Dr. H.Anang Juharuddin, M.M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam perkembangan zakat khususnya di Jabar melalui penghargaan Baznas Award 2024.

“Perkembangan zakat di Jawa Barat tidak lepas dari kontribusi dan kerja keras berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun lembaga pengelola zakat. Kami berharap, penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus berinovasi dan meningkatkan pengelolaan zakat demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat” tutur Anang. 

Lanjut, Anang mengungkapkan bahwa, dalam ajang ini, Baznas Jabar juga mengapresiasi kepada berbagai pihak yang telah berjuang untuk kemanusiaan melalui donasi solidaritas Palestina yang dititipkan kepada Baznas mencapai Rp30.921.335.995 dari jumlah tersebut sebanyak Rp17.453.308.646 terhimpun dari Baznas Jabar. 

Sampai saat ini donasi untuk membasuh luka Palestina masih akan terus berlangsung. Donasi yang terkumpul, sebagian besar telah disalurkan kepada rakyat Palestina dan akan berlanjut pada penyaluran berikutnya.

“Baznas Jawa Barat berharap dengan adanya ajang Baznas Award 2024 dapat mendorong semangat kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, lembaga zakat, dan masyarakat dalam memajukan zakat sebagai instrumen penting dalam pembangunan sosial dan ekonomi,” tandasnya.

Di sisi lain, Ketua Baznas RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengatakan Baznas sebagai lembaga penyejahtera umat juga penting untuk melakukan penguatan untuk membuktikan negara hadir dalam pengelolaan zakat secara nasional, salah satunya dengan kegiatan Baznas Jabar Award 2024.

“Kami mengapresiasi Baznas Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan penguatan kelembagaan dan manajemen dengan baik  tidak hanya di tingkat Provinsi tapi juga Kota dan Kabupaten. Kita harus melakukan penguatan demikian maka membuktikan bahwa negara itu hadir dalam pengelolaan zakat secara nasional,” bebernya.

Pada kesempatan ini, Baznas Jabar memberikan penghargaan khusus kepada Pj Gubernur Provinsi Jawa Barat, Bey Machmudin, atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung gerakan zakat di Provinsi ini. 

Selain itu, beberapa bupati dan walikota yang telah berhasil mengoptimalkan pengelolaan zakat di daerahnya juga menerima penghargaan.

Bey Machmudin juga menyampaikan apresiasi terhadap acara Baznas Jabar Award 2024 serta mengapresiasi kinerja Baznas Jabar.

“Saya sangat mengapresiasi sumbangan kepada palestina ini adalah bukti kepercayaan masyarakat kepada Baznas. Baznas juga sudah berkali-kali diaudit jadi artinya sudah betul-betul menjaga tata kelola dang sangat baik dicontoh oleh lembaga lainnya” tuturnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut