"Menurut beberapa testimoni para jemaah haji, bahwa makanan dan minuman sangat lengkap dan melimpah baik dimulai dari asrama haji, Mekah, Armuzna, dan Madinah. Makanan yang disediakan sangat bervariasi dan enak, sehingga jemaah bisa menjaga stamina dan kesehatan selama menjalankan rangkaian ibadah haji," terangnya.
Peningkatan pelayanan jemaah haji juga dirasakan dari segi transportasi yang disediakan oleh Kemenag yaitu Bus Sholawat.
"Bus sholawat tersedia dengan frekuensi yang cukup tinggi, sehingga jamaah tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan transportasi ke Masjidil Haram. Layanan ini sangat membantu, terutama bagi jamaah yang menginap di hotel yang cukup jauh dari masjid," ungkapnya.
"Pelayanan jemaah haji yang dinilai sangat baik ini juga sampai pada proses pemulangan jemaah haji. Para petugas haji dengan sigap dan cepat membantu para jemaah haji dari mulai mengurus proses imigrasi, koper bagasi, dan sampai tiba di tanah air," sambungnya.
Namun, kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 ini tidak terlepas dari beberapa evaluasi. Sunidja menjelaskan, bahwa skema murur yang sudah dinilai efektif dalam memberikan pelayanan jemaah haji, tahun depan harus diteruskan kembali dengan peningkatan pelayananannya.
Editor : Rizal Fadillah