get app
inews
Aa Read Next : KPU Tetapkan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 22 September 2024

Pengusungan Dhani Wirianata di Pilwalkot Bandung Dipertanyakan Masyarakat 

Sabtu, 20 Juli 2024 | 21:20 WIB
header img
(kanan) Dhani Wirianata. (Foto: Instagram @dhaniwirianata)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pengamat Sosiologi Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Muhammad Fedryansyah menilai, pengusungan Ridwan Dhani Wirianata sebagai Calon Wali Kota (Cawalkot) Bandung 2024 dari Partai Gerindra akan dipertanyakan masyarakat.

Sebab, mayoritas masyarakat Kota Bandung tidak mengetahui latar belakang Dhani Wirianata bagaimana.

"Kang Dhani ini belum banyak yang tahu, dalam artian kalau kita cek ternyata latar belakang beliau tidak di Bandung. Jadi ini suatu pertanyaan bagi masyarakat, ini siapa yah ujug-ujug mau maju gitu," ucap Fedryansyah saat dihubungi, Sabtu (20/7/2024).

Meski begitu, keputusan Partai Gerindra bisa direspon positif dalam arti menjadi tantangan. Mengingat, dirinya direkomendasikan oleh partai besar dan didukung oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Tapi mayoritas akan mempertanyakan Kang Dhani ini bisa apa, ko sebesar Gerindra berani mencalonkan. Apakah akan menjadi blunder atau tidak, ini harus tantangan sendiri bagi Kang Dhani dan timnya untuk membuktikan itu," katanya.

Menurutnya, Dhani Wirianata harus menunjukan bahwa dia bisa merespon isu-isu besar Kota Bandung dengan cepat. Sebab, pendaftaran calon kepala daerah ke KPU hanya menyisakan waktu kurang lebih satu bulan.

"Kita tahu Kota Bandung ini isu utamanya masih bicara pengangguran, pendidikan. Pendidikan ini bisa dikata belum merata," ujarnya.

Fedryansyah menilai, persoalan Kota Bandung yang begitu kompleks tidak cukup diselesaikan oleh kedekatan, yang notabenenya, Dhani Wirianata merupakan mantan Aspri Prabowo. Walaupun kini tak dipungkiri tengah tren pemimpin muda.

"Apakah Kang Dhani ini bisa merespon persoalan masyarakat di Kota Bandung. Apalagi mandat yah, kabupaten/kota itu dimandatkan menuntaskan kemiskinan ekstrem. Apakah dengan background pendidikan, pengalaman katakanlah masih minim, bisa gak Kang Dhani membawa Bandung keluar dari persoalan-persoalan itu," bebernya.

Persoalan kemiskinan ekstrem, kata Fedryansyah, sangat luar biasa di Kota Bandung. Hal itu ternyata diluar dugaan, sebab di mata orang, Bandung tercermin tempat wisata dan kota yang adem.

"Kita ragu Kang Dhani ini bisa memahami itu. Tapi balik lagi, dalam waktu satu bulan apakah bisa jadi satu keunggulan karena merespon dengan cepat atau justru sebaliknya Kang Dhani gak bisa membuktikan itu," ungkapnya.

Fedryansyah memastikan, masyarakat Kota Bandung sudah cukup cerdas untuk menentukan pilihannya. Karakteristik pimilih Kota Bandung tidak lagi pada tataran persona pribadi, semisal tampan atau cantik.

"Kalau dilihat dari karakteristik pemilihnya Kota Bandung, dengan dinamika kotanya masyarakat akan lebih rasional dalam memilih. Ini tantangan juga bagi Kang Dhani bisa gak melebihi itu, gak sekadar mengandalkan persona, tapi memenuhi ekspektasi pemilih di Kota Bandung," tuturnya.

Dia menambahkan, keputusan Gerindra merekomendasikan Dhani akan jadi sebuah pertaruhan besar. Terlebih, Gerindra memutuskan kepada seseorang yang masih belum terlihat rekam jejaknya di Kota Bandung.

Kota Bandung, cukup banyak persoalan yang harus diselesaikan oleh orang yang paham. Termasuk bagi Dhani, tidak cukup baginya maju kontestasi hanya bermodalkan sebagai eks Aspri Prabowo Subianto.

"Persoalan-persoalan di Kota Bandung itu tidak sekadar Bandung kotanya tapi kawasan Bandung timur, isu pengangguran, pemeretaan pendidikan, gap ekonomi, kemiskinan ekstrem, stunting, kita butuh gagasan-gagasan itu gak sekadar embel-embel ini mah aspirnya Pak Prabowo atau orang deketnya Prabowo," tandasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra resmi mengusung Ridwan Dhani Wirianata di Pilwalkot Bandung 2024. Dhani adalah mantan Sekretaris Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mendeklarasikan langsung keputusan itu di hadapan kader Gerindra Kota Bandung.

"Setelah keluarnya rekomendasi, saya minta dengan hormat para pengurus DPC se kota Bandung, PAC, ranting, dan organisasi sayap partai untuk berjuang dengan sungguh-sungguh memenangkan Dhani," kata Muzani, Jumat (19/7/2024).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut