get app
inews
Aa Read Next : Gelar Rakor, KPU Jabar Bahas Pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024

FIDSI Gelar Rapat Koordinasi Inspektorat se-Indonesia, Bahas Manajemen Resiko

Selasa, 30 Juli 2024 | 09:30 WIB
header img
Inspektur Daerah Provinsi Jawa Barat, Eni Rohyani. Foto: Ist.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Forum Inspektur Daerah Seluruh Indonesia (FIDSI) menggelar rapat koordinasi bertema "Penerapan Manajemen Risiko dalam Pencapaian Indikator Makro Pembangunan Daerah", di Gedung Sate, Senin (29/7/2024) malam.

Inspektur Daerah Provinsi Jawa Barat, Eni Rohyani mengatakan rapat tersebut merupakan kegiatan menghimpun inspektur Daerah/Provinsi dan Kota/Kabupaten seluruh Indonesia.

“Setiap tahun itu selalu mengusung tema yang berbeda-beda. Tahun ini kita lebih fokus kepada "Manajemen Resiko" karena tahun ini kita banyak sekali hal-hal yang sifatnya baru, Kemudian juga pemerintahan yang baru nanti, ini yang perlu kita antisipasi,” papar Eni, Senin (29/7/2024).

Sementara itu, Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan implementasi manajemen risiko bukan hanya tentang mengidentifikasi dan mengelola potensi ancaman, tetapi juga mengambil langkah proaktif dalam memastikan bahwa kita dapat mencapai tujuan pembangunan dengan efisien dan efektif.

Bey menyebutkan dalam aspek ini peran inspektorat sangat krusial, inspektorat harus mampu melakukan pengawasan yang tidak hanya bersifat reaktif tapi juga proaktif dalam mendeteksi potensi risiko sejak dini.

Untuk itu, pentingnya kolaborasi dan sinergi antara seluruh inspektorat di seluruh Indonesia, dalam berbagai informasi dan inovasi dan best practices dalam pengawasan untuk saling memperkuat dan memberikan dampak yang lebih besar dalam penciptaan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

"Saya imbau, bahwa dalam menjalankan tugas inspektur daerah garda terdepan menjaga integritas dan akuntabilitas  pengelolaan keuangan daerah," ungkap Bey.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kemendagri, Komjen Pol. Tomsi Tohir menyampaikan rakor tersebut dilakukan dalam rangka mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan.

Selain itu, kata dia, melalui rakor ini kedepannya bisa memperbaiki terkait tugas-tugas pengawasan yang dilakukan inspektur daerah  seluruh Indonesia.

“Tentunya Rakor FIDSI ini ada ikhtiar kita bersama untuk mengevaluasi kembali kegiatan-kegiatan kita selama ini, teman-teman Inspektur juga berkumpul dan berdiskusi untuk mendiskusikan kembali kegiatan-kegiatanya kemudian mengevaluasi, tentunya ditemukan hal-hal yang baru yang perlu diperbaiki khususnya yang berkaitan dengan tugas-tugas pengawasan,” paparnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut